Padang Aro (ANTARA) - Sylvia Aulia Easy (21), calon dokter asal Pakan Rabaa, tercatat sebagai calon haji termuda dari Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, yang tahun ini berangkat ke Tanah Suci di Arab Saudi.

Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Batam (Uniba) yang sedang mempersiapkan proposal untuk skripsi itu berangkat haji bersama orang tuanya, Erwin Ali dan Esi Candraty..

"Sylvia sudah kami daftarkan haji semenjak 2011, semenjak ia menempuh pendidikan di kelas satu MTsN, dan Alhamdulillah berangkat tahun ini bertepatan juga saat liburan," kata Erwin saat pelepasan pemberangkatan calon haji di Padang Aro, Jumat.

Sedangkan calon haji tertua dari Solok Selatan namanya Mayunar, usianya 74 tahun.

Solok Selatan tahun ini memberangkatkan 47 calon haji ke Tanah Suci.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Solok Selatan Syahrul mengatakan jamaah calon haji Solok Selatan berangkat ke embarkasi Padang pada Selasa (9/7) dan Rabu (10/7) akan bertolak ke Tanah Suci.

Ia mengingatkan jamaah haji agar selalu menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

"Jamaah calon haji harus membaca panduan dalam menjalankan ibadah dan jangan sampai ada yang terlewatkan," ujarnya.

Ia meminta anggota jamaah haji mengenai dan menyimpan nomor kontak petugas haji supaya bisa segera menghubungi petugas kalau membutuhkan bantuan.

Sementara Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman mengimbau anggota jamaah haji saling membantu selama di Tanah Suci.

"Jamaah harus bisa mengendalikan diri selama menjalankan ibadah dan salah satu caranya dengan berlomba-lomba untuk melayani saudara, bukan dilayani," kata Bupati, yang juga mengingatkan jamaah agar tidak berlebihan dalam membawa bekal.

Baca juga: Calon jemaah haji tertua 2019 berusia 105 tahun

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019