alhamdulillah berangkat tahun ini
Jakarta (ANTARA) - Pada musim ibadah haji 2023 ini, jamaah calon haji (JCH) kloter pertama yang diberangkatkan dari Embarkasi Jakarta memiliki seorang anggota termuda yang bernama Devi Kusuma Wardani.
 
Wanita yang akrab disapa Devi (24) itu berasal dari Jakarta Selatan. Ia menunaikan ibadah haji di usia yang muda bersama dengan kakak dan ibunya.
 
"Awalnya saya agak takut, ternyata alhamdulillah berangkat tahun ini," saat ditanya bagaimana perasaannya menjadi calon haji di usia 24 tahun.
 
Devi mengaku dirinya ikut mendaftar haji bersama orang tuanya pada 2011 silam saat dirinya masih berstatus sebagai siswi di sekolah dasar.

Baca juga: Farah Fazira: Tak terbayang di usia muda terpanggil ke Tanah Suci
Baca juga: Sri Yuniarsih jadi calon haji termuda Kloter I Embarkasi Makassar
 
Dia juga mengaku pada awalnya dia tidak menyangka akan berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini karena waktu tunggu yang seharusnya bukanlah pada tahun ini.
 
"Kami sekeluarga tidak pernah melihat pengumuman karena memang waktunya masih lama, tapi ternyata sekitar dua atau tiga bulan lalu kami dihubungi oleh pihak Kementerian Agama," ungkapnya.
 
Maka dari itu, ia mempersiapkan segalanya dimulai dari persiapan dokumen hingga persiapan fisik dengan menjaga kesehatan dengan berolahraga secara rutin.
 
Devi yang kini berstatus sebagai mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta itu berharap semoga seluruh JCH dapat menjadi haji yang mabrur serta dapat berangkat dan pulang dengan lengkap.

Baca juga: PPIH bentuk tim khusus wujudkan Haji Ramah Lansia
Baca juga: 393 calon jamaah haji dari Embarkasi Jakarta berangkat malam ini
Baca juga: PPIH sebutkan kasus kaki melepuh biasa terjadi di Madinah

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023