Makassar (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan, pada musim haji tahun 1440 Hijriah atau 2019 Masehi siap menerima dan memberangkatkan jamaah calon haji (JCH) dari berbagai provinsi di Indonesia.

"Alhamdulillah semua persiapan dan pembenahan asrama haji sudah rampung dan kita sudah siap terima JCH serta memberangkatkannya ke Tanah Suci," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Anwar Abubakar di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan segala persiapan untuk menerima dan memberangkatkan JCH telah selesai seminggu sebelum penerimaan JCH secara resmi dibuka.

Baca juga: Fasilitas baru jamaah calon haji di Tanah Suci dipaparkan Menag

Menurut dia persiapan PPIH Embarkasi Makassar dalam rangka pemberangkatan baik dari segi sarana dan prasarana, sistem dan petugasnya sudah siap, tinggal menunggu hari H pelaksanaannya.

"Kesiapan secara keseluruhan alhamdulillah sudah siap 100 persen, sisa koordinasi antara petugas, terkait tugas dan fungsi masing-masing," katanya.

Terkait dengan kesiapan paspor jamaah haji, Kakanwil mengatakan bahwa proses visa jamaah haji untuk Embarkasi Makassar sudah rampung, tinggal menunggu jadwal pemberangkatan masing-masing kelompok terbang (kloter).

Baca juga: Ridwan Kamil: Tim kesehatan proaktif pantau calon haji

"Untuk visa jamaah haji juga sudah rampung dari kerajaan Saudi. Sisa jadwal pemberangkatannya, sedangkan koordinasi antar penyelenggara lainnya juga rampung," katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Sudiang Makassar Muhammad Ikbal Ismail mengatakan bahwa daya tampung asrama haji saat ini 550 kamar dan semuanya siap ditempati.

Baca juga: Rekam biometrik dipastikan tak terpusat lagi di asrama haji

Sedangkan untuk musim haji tahun ini proses penerimaan dan pemberangkatan jamaah dilakukan di Aula Baru yaitu Aula I dan II Asrama haji, yang tahun lalu dilaksanakan di masjid karena proses pembangunan aulanya belum selesai.

"Secara teknis semuanya sudah rampung. Pembangunan di dalam asrama juga sudah selesai dan aula satu serta dua siap menerima dan memberangkatkan jamaah calon haji," ucapnya.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019