counter

Shopee Liga 1 2019

Rahmad Darmawan ungkap sukses PS Tira Persikabo di awal musim

Rahmad Darmawan ungkap sukses PS Tira Persikabo di awal musim

Pelatih kepala PS Tira Persikabo Rahmad Darmawan (ANTARA SUMBAR / Mario Sofia Nasution)

Sehebat apapun taktik, fisik dan strategi yang dimiliki tidak akan ada apa-apanya tanpa motivasi bermain
Padang, (ANTARA) - Pelatih PS Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, mengungkapkan sukses timnya bercokol di papan atas kompetisi Liga 1 2019 pada awal musim karena motivasi tinggi dari tim itu sendiri.

Dia mengatakan elemen terpenting adalah motivasi dan para pemain harus paham betul dengan hal ini agar di setiap laga mereka bisa bermain dengan motivasi tinggi.

“Sehebat apapun taktik, fisik dan strategi yang dimiliki tidak akan ada apa-apanya tanpa motivasi bermain, itu yang saya tekankan kepada para pemain,” katanya di Padang, Minggu.

Hasilnya dari enam laga awal PS Tira Persikabo belum terkalahkan. Tim asuhan pria yang akrab dipanggil RD tersebut mampu meraih tiga kali kemenangan dan tiga kali imbang dengan 12 poin.

Padahal tim yang sebelum dilebur dengan Persikabo ini di akhir kompetisi Liga 1 2018 hampir saja terdegradasi ke Liga 2. Namun segalanya berubah setelah PS Tira Persikabo menetapkan Rahmad Darmawan menggantikan posisi Nil Maizar di awal kompetisi.

Menurut dia yang paling penting dalam sebuah tim adalah bagaimana para pemain mengerti pentingnya sebuah proses. Hasil yang didapatkan di pertandingan tidak akan jauh dari proses yang telah dijalani bersama.

Ia mengatakan ada tim yang proses adaptasinya berjalan dengan cepat karena tim telah utuh jauh sebelum kompetisi bergulir dan ada yang lambat sehingga mereka belum menemukan permainan terbaik mereka hingga saat ini.

Ia mengatakan dalam setiap laga hasil yang didapatkan bisa saja menyenangkan seperti meraih kemenangan atau imbang dan kalah.

Namun yang terpenting bagi dirinya, apapun hasil yang didapatkan para pemain harus menjalankan proses yang dilalui dalam latihan dan bermain penuh semangat untuk meraih kemenangan

“Hasil di lapangan bisa saja meleset namun jika pemain sudah berusaha keras menjalani proses panjang saya mengapresiasi hal tersebut,” kata dia.

Ia mengakui apa yang dilakukan dirinya kepada PS Tira Persikabo sama halnya dengan yang dilakukan pelatih lain kepada tim mereka. Namun ada beberapa faktor yang membuat hasil akhir berbeda seperti keberuntungan.

“Ada tim yang di awal kompetisi beruntung dan kehilangan keberuntungan di akhir musim. Ada juga yang beruntung saat pertengahan musim hingga akhir atau ada yang beruntung sepanjang kompetisi dan itu terjadi di setiap tim dan yang terpenting kita terus berusaha memberikan yang terbaik,” katanya.

Baca juga: Tira Persikabo waspadai kebangkitan Semen Padang

Baca juga: Tira Persikabo tak gentar hadapi jadwal padat

Baca juga: RD buka kunci sukses Tira Persikabo


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

PS Tira Bantul, usung semangat Jendral Sudirman

Komentar