Info Haji

Komite III DPD-RI tinjau penyelenggara Embarkasi Haji Antara Riau

Komite III DPD-RI tinjau penyelenggara Embarkasi Haji Antara Riau

Petugas membawa calon jemaah haji menuju asrama atau penginapan di Embarkasi Pondok Gede Jakarta Timur. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Kota Pekanbaru (ANTARA) -
Perwakilan Komite III DPD-RI dipimpin Dedi Iskandar Batubara meninjau penyelengaraan haji tahun 2019 di Embarkasi Haji Antara (Perantara) Provinsi Riau.

"Terimakasih kepada Kementerian Agama, dan Provinsi Riau sebagai penyelenggara haji secara menyeluruh di Embarkasi Haji Antara sudah bisa menjadi contoh bagi pihak lain, dan diharapkan makin baik ke depan," katanya di Pekanbaru, Senin.

Kunjungan Komite III DPD-RI ke Embarkasi Antara Riau itu disambut Gubernur Riau diwakili Asisten I Ahmad Syah Harofi, Kakanwil Kemenag Riau beserta jajaran yang bertugas sebagai Panitia PPIH EHA Riau, Kepala Dinas KKP Kelas II Pekanbaru, Imigrasi, Kesehatan, Perhubungan dan Angkasa Pura II.

Baca juga: Dirujuk ke RS Haji Jakarta, empat calhaj Embarkasi Pondok Gede

Menurut Dedi, tentu semua pihak harus mengapresiasi peningkatan status Embarkasi Haji Antara, menjadi bandara perantara dan semoga segera bisa menjadi bandara embarkasi haji penuh.

Ia menjelaskan, tugas pokok DPD RI adalah bidang pengawasan termasuk dalam penyelenggaraan haji, sebagai satu tugas pokoknya dimana peran negara dalam proses penyelenggaraan haji harus terus saling bersinergi.

Pada kunjungan tersebut, Dedi membawa 17 anggota yang melihat langsung kondisi riil ruang kedatangan, kamar kamar jamaah, fasilitas lift, layanan kesehatan hingga ruang petugas lainnya.

Baca juga: Jamaah calon haji Bangka Barat dibekali uang saku dari pemda

Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin mengatakan, Kemenag terus berupaya melakukan peningkatan dalam penyelenggaraan haji, selain itu persiapan dan penyelenggaraan yang dilakukan juga diawasi secara internal oleh penanggung jawab Pemprov Riau serta Itjen Kemenag RI pengawas pusat.

"Sampai hari ini, sudah tiga kloter yang kita berangkatkan, tidak ada kendala dalam operasional penyelenggaraan layanan ibadah haji di Embarkasi Haji Antara ini," katanya.

Baca juga: Jamaah calhaj Mimika diminta Wabup jadi agen perdamaian

Pelayanan yang diberikan Embarkasi Haji Antara Riau sama dengan pelayanan pada embarkasi haji di Batam dan tidak ada perbedaan antara keduanya.

"Terimakasih kami sampaikan kepada semua tim yang sudah solid bekerja dari seluruh unsur kementerian mulai dari Kesehatan, KKP, Imigrasi, dan Bea Cukai. Semoga kerjasama yang terjalin terus sampai kloter terakhir kita berangkatkan," katanya.

Pewarta: Frislidia
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jemaah haji Indonesia terbanyak, embarkasi antara ditambah

Komentar