Ditambah kabar dari global yang hanya memunculkan sentimen kecemasan perang dagang yang meluas akan memberikan dampak tidak menguntungkan bagi IHSG pada hari ini
Jakarta (ANTARA) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, pada Rabu pagi dibuka menguat di tengah sentimen meluasnya perang dagang.

IHSG dibuka menguat 4,87 poin atau 0,08 persen ke posisi 6.393,19. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 bergerak naik 1,23 poin atau 0,12 persen menjadi 1.021,92.

Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah di Jakarta, Rabu, mengatakan kabar dari dalam negeri kurang kuat untuk memberikan optimistis bagi pelaku pasar.

"Ditambah kabar dari global yang hanya memunculkan sentimen kecemasan perang dagang yang meluas akan memberikan dampak tidak menguntungkan bagi IHSG pada hari ini," ujar Alfiansyah.

Dari eksternal, dua pemain ekonomi utama Asia tampaknya mendekati perang dagang akibat dari perselisihan politik di tengah Amerika Serikat (AS) dan China yang terus mengeluarkan pertarungan tarif keduanya yang luas.

Keputusan perdana menteri Jepang dapat memicu perang dagang Jepang dengan Korea Selatan, setelah perdana menteri Jepang memberlakukan pembatasan baru pada ekspor yang dapat menghantam industri teknologi Korea Selatan. Kedua pemerintah akan terlibat dalam pertukaran langkah-langkah balas dendam untuk setidaknya beberapa bulan yang dapat memburuk hubungan bilateral.

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain Indeks Nikkei melemah 22,59 poin (0,1 persen) ke 21.542,56, Indeks Hang Seng menguat 80,33 poin atau 0,29 persen ke 28.196,61, dan Indeks Straits Times menguat 16,76 poin (0,5 persen) ke posisi 3.346,22.

Baca juga: Wall Street bervariasi, investor tunggu kesaksian Powell di Kongres

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019