Ada dua gedung dari satu komplek asrama haji yang dilakukan renovasi berupa pergantian plafon, lantai kamar, pintu, hingga kamar mandi, yakni Madinatul Hujjaj dan Muzdalifah
Banda Aceh (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh 2019 menyebutkan bahwa renovasi yang dilakukan terhadap Asrama Haji Aceh sedang berjalan dua pekan terakhir, dan akan selesai dikerjakan sebelum kelompok terbang (kloter) perdana tiba pada Jumat (19/7).

"Pihak asrama haji menyatakan, pengerjaan gedung akan selesai 14 Juli. Tapi kita lihat volume pengerjaan masih sangat banyak, dan waktu tersisa tinggal lima hari lagi. Jadi kita agak pesimis," kata petugas Bagian Urusan Dalam dan Fasilitas PPIH Embarkasi Aceh, Muklis di Banda Aceh, Rabu.

Muklis menjelaskan itu usai meninjau langsung kondisi luar, dan dalam gedung asrama haji menjelang kloter perdana masuk 19 Juli 2019, dan terbang langsung ke Jeddah di Arab Saudi pada 20 Juli 2019.

Ia mengatakan, terdapat dua gedung dari satu komplek asrama haji yang dilakukan renovasi berupa pergantian plafon, lantai kamar, pintu, hingga kamar mandi, yakni Madinatul Hujjaj dan Muzdalifah.

Kedua gedung ini terletak tepat bersebelahan dengan gedung Asrama Haji Aceh yang terbengkalai usai ditangani oleh Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama dengan dana bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebesar Rp 10 miliar pada tahun 2013.

Padahal setiap tahun kedua gedung tersebut selalu dipakai untuk persiapan terakhir, dan penginapan bagi jamaah calon haji asal Aceh sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Data terakhir dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh menyebut, musim haji 2019 akan memberangkatkan total 4.651 jamaah calon haji asal Aceh yang terbagi dalam 12 kloter, dan masuk dalam keberangkatan gelombang kedua ke Tanah Suci.

"Kondisi ini sangat kita sesalkan, dan sangat berpengaruh terhadap pelayanan jamaah calon haji. Padahal ini adalah kebutuhan umat," terang dia.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis Asrama Haji Aceh, Nanang, mengaku, mereka sudah membuat komitmen dengan rekanan bahwa tanggal 14 Juli 2019 renovasi asrama haji tersebut harus sudah selesai.

Ia menjamin, ketika jamaah calon haji  Aceh masuk ke asrama, maka bagian yang direnovasi seperti lantai, kamar mandi, plafon, dan pemasangan sprei baru sudah selesai dilakukan.

"Kita manfaatkan waktu kontrak yang sudah ada, jangan sampai terbuang. Cuma tahap pertama ini beberapa kamar aja," ujarnya.


Baca juga: 4.359 Calhaj Aceh ikuti bimbingan manasik haji tahap akhir

Baca juga: Asrama Haji Banda Aceh belum miliki poliklinik

Baca juga: Asrama haji Aceh siapkan genset atasi pemadaman


 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019