Jakarta (ANTARA) - Pengamat komunikasi politik Universitas Mercu Buana, Dr. Afdal Makkuraga, M.Si mengatakan seharusnya Presiden Joko Widodo lebih bebas memilih menteri dan menyusun kabinetnya karena sudah tidak lagi terikat beban elektoral.

"Ini sudah periode ke dua, jadi tidak perlu lagi memikirkan elektoral kerena periode selanjutnya Presiden Jokowi tidak ikut pilpres," kata Afdal di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Milenial sambut positif wacana menteri muda kabinet Jokowi

Baca juga: Presiden cari menteri berkemampuan eksekusi dan manajerial

Baca juga: Grace: Jokowi tidak pernah bicarakan jatah menteri


Dengan kebebasan itu sebaiknya presiden menurut dia bisa menunjuk calon-calon menteri yang benar-benar berkompeten di bidangnya, bukan karena sodoran partai politik koalisi.

"Seharusnya nama-nama dari kalangan profesional seperti menteri Susi Pudjiastuti bisa lebih banyak lagi berada di kabinet," kata dia.

Setidaknya komposisi kalangan profesional dan politisi parpol bisa berimbang dalam kabinet periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Presiden menurutnya, akan lebih mudah mewujudkan program yang belum terealisasi pada periode pertama dan rencana periode keduanya ketika nama-nama yang berkompeten berada di struktur kabinet.

"Yang dibutuhkan adalah orang-orang yang benar-benar bisa menerjemahkan dan merealisasikan visi dan misi presiden Jokowi," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019