counter

Disdukcapil sediakan mobil pelayanan keliling untuk korban kebakaran

Disdukcapil sediakan mobil pelayanan keliling untuk korban kebakaran

Petugas tengah menyiapkan mobil pelayanan keliling administrasi kependudukan di pengungsian korban kebakaran Tebet, yang berpusat di Sekolah Dasar Negeri 05 Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2019). (ANTARA/Dea N. Zhafira)

Jakarta (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Jakarta Selatan menyediakan mobil pelayanan keliling administrasi kependudukan di pengungsian korban kebakaran Tebet, yang berpusat di Sekolah Dasar Negeri 05 Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat.

Pelayanan dan mobil keliling ini diinisiasi oleh Disdukcapil untuk membantu para korban yang kehilangan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), dan akta keluarga yang tidak dapat diselamatkan saat kebakaran terjadi Rabu (10/7) lalu.

Baca juga: Sudin Pendidikan Jaksel berikan bantuan untuk korban kebakaran Tebet

"Jadi kami menyediakan pelayanan pengurusan KTP, KK, dan akta keluarga warga di RW 07 dan enam RT yang terdampak kebakaran. Namun saat ini masih fokus di KTP dan KK dulu," kata Kepala Sektor Dukcapil Kecamatan Tebet Salimin di lokasi pengungsian.
Petugas melayani administrasi kependudukan di pengungsian korban kebakaran Tebet, yang berpusat di Sekolah Dasar Negeri 05 Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2019). (ANTARA/Dea N. Zhafira)


Selain pendataan, lanjut dia, akan dilakukan pula pencarian data warga melalui database Disdukcapil secara langsung oleh petugas. Bahkan, jika data warga bisa didapat dengan cepat, draf KK pun bahkan dapat didapatkan secara langsung di hari yang sama.

Baca juga: Bantuan untuk korban kebakaran Tebet terus mengalir

"Jadi nanti setelah didata, kita lihat database, lalu kalau yang bisa dieksekusi sekarang ya langsung kita eksekusi sekarang, kenapa nggak?," ujar Salimin.

Untuk persyaratan, warga tidak memerlukan persyaratan khusus saat mengurus dokumen-dokumen tersebut. Yang perlu dilakukan warga hanyalah menuliskan nama lengkap serta tanggal lahir mereka kepada petugas Disdukcapil, dan nanti data KK hingga nomor induk kependudukan (NIK) akan dicarikan dan muncul bentuk drafnya.

Layanan ini dapat digunakan warga mulai hari ini hingga Sabtu (13/7), dari pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB di pusat lokasi pengungsian, Sekolah Dasar Negeri 05 Manggarai, Jakarta Selatan.

Padamkan kebakaran lahan, Kotim butuh helikopter

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar