counter

Lima camilan favorit dari Bandung hingga Medan versi Grab

Lima camilan favorit dari Bandung hingga Medan versi Grab

Bubble tea (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Dalam laporan yang dilansir Mondelez Internasional pada 2017 dengan judul "Snacking Habit Report: Indonesia", dikatakan bahwa satu dari tiga orang Indonesia mengkonsumsi camilan lebih dari tiga kali sehari.

Camilan itu, mulai dari bubble tea, martabak hingga kopi susu. Ngemil disebut sebagai salah satu kebiasaan yang digemari oleh orang Indonesia.

Setiap daerah di Indonesia memiliki camilan khas masing-masing. Berikut adalah tren ngemil di lima kota besar Indonesia berdasarkan data pesanan pelanggan GrabFood.

Bandung
Brownies menjadi salah satu camilan paling favorit di kota Bandung. Tekstur lembut yang menjadi ciri khas dan rasa coklat dari brownies ini mampu membius siapapun yang menikmatinya.

Yang menarik, makanan khas Sumatera Selatan pempek juga menjadi salah satu pilihan favorit warga Bandung di waktu ngemil mereka. Demam bubble tea juga terjadi di kota Bandung.

Jakarta
Warga Jakarta ternyata menyukai makanan-makanan manis untuk menjadi camilan mereka, salah satunya adalah es krim.

Roti mini dengan berbagai isi dan rasa atau yang lebih dikenal dengan roti unyil, menjadi jajanan yang juga populer di Jakarta.

Selanjutnya, ada kopi susu yang kini kedainya menjamur di berbagai tempat.

Makassar
Salah satu camilan favorit warga Makassar ialah jalangkote. Camilan khas kota Makassar yang menyerupai kue pastel ini memiliki kulit yang lebih tipis dan biasa dihidangkan bersama sambal cair campuran cuka dan cabai.

Bubble teaminuman dengan bola-bola tapioka asal Taiwan itu juga digemari di Makassar, begitu pula es krim yang nikmat disantap kala cuaca panas.

Medan
Risoles, pastri berisi daging dan sayuran yang dibungkus dadar dan digoreng, ternyata juga populer di Kota Medan.

Selain itu, bolu gulung, yang juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Medan dan paling banyak diburu oleh wisatawan, juga menjadi salah satu camilan paling disukai di Medan.

Selain terkenal dengan rasa yang enak, kue ini juga memiliki banyak varian rasa mulai dari keju, blueberry, coklat, stroberi, nanas, moka, dan kacang.

Satu lagi camilan favorit warga Medan adalah pokpia. Selain rasanya yang lezat, pokpia juga menjadi makanan ringan yang kaya nutrisi karena ada berbagai macam sayuran yang digunakan untuk mengisi camilan ini.

Surabaya
Kota Surabaya merupakan surga kuliner dari makanan yang murah hingga yang mahal. Sama seperti kota Bandung dan Makassar, bubble tea juga menjadi camilan yang populer di Kota Surabaya.

Begitupun dengan brownies, yang menjadi favorit di kota Bandung, juga menjadi camilan kesukaan warga Surabaya. Uniknya, selain bubble tea dan brownies, dim sum adalah camilan yang sangat diminati di Surabaya.

Baca juga: Milenial Indonesia gemari "ngemil" saat beraktivitas

Baca juga: Tips ngemil dari ahli gizi
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Festival yang mengukuhkan dari mana cendol berasal

Komentar