counter

Laporan dari Tanah Suci

Kadaker Madinah ajak JCH mengenakan ihram sejak di hotel

Kadaker Madinah ajak  JCH mengenakan ihram sejak di hotel

Ka'bah. (Foto : ANTARA/Hanni Sofia/aa)

Karena ada pembatasan jumlah tertentu pada jam-jam tertentu, oleh karena itu, koordinasi ini harus dilakukan sejak awal sehingga jumlah jamaah yang akan kita berangkatkan itu masih bisa terlayani sesuai dengan batasan kuota yang ditetapkan pemerintah
Jakarta (ANTARA) - Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Akhmad Jauhari mengajak jamaah calon haji (JCH) Indonesia dari Madinah, Arab Saudi, ke Mekkah untuk mandi dan mengenakan kain ihram sejak dari hotel sehingga dapat mempercepat pergerakan mereka.

Akhmad di Madinah, Minggu, menyarankan hal tersebut sebelum berada di Masjid Bir Ali kawasan Dzul Hulaifa. Alasannya, di area miqat (tempat memulai umrah) itu biasanya terjadi kepadatan dan antrian jamaah untuk menggunakan fasilitas mandi dan berganti pakaian.

Dengan sudah mengenakan kain ihram sejak di hotel, jelas dia maka pergerakan jamaah dapat lebih cepat tinggal melakukan niat berumrah, shalat sunah dan kemudian menuju bus diberangkatkan ke Mekkah dengan jarak tempuh 400 kilometer selama 6 hingga 7 jam.

Baca juga: Untuk kelancaran wukuf, pertama kali calhaj peroleh kantong urin

Dia mengemukakan Daker Madinah telah berkoordinasi dengan "Naqabah Ammah Lis Sayyarad (organda Arab Saudi) dan "Muassasah Adila" (manajemen perhajian Saudi di Madinah) untuk melakukan pendorongan jamaah dari Madinah, Arab Saudi, ke Mekkah.

Koordinasi, ujar dia dilakukan sehingga proses pendorongan dapat berjalan lancar.

"’Karena ada pembatasan jumlah tertentu pada jam-jam tertentu, oleh karena itu, koordinasi ini harus dilakukan sejak awal sehingga jumlah jamaah yang akan kita berangkatkan itu masih bisa terlayani sesuai dengan batasan kuota yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi," terang dia.

Baca juga: Bangunan di Mekkah serupa, jamaah diimbau kenali lokasi pemondokan

Koordinasi, tambahnya juga dilakukan dengan pengelola sektor Bir Ali di yang menjadi tempat transit jamaah calon haji saat pergerakan dari Madinah ke Mekkah. Masjid Bir Ali merupakan miqat (tempat memulai umrah) sebelum berangkat ke Mekkah.

"Jamaah akan diistirahatkan di Masjid Bir Ali untuk persiapan awal proses ibadah umrahnya menuju Mekkah. Jamaah akan melakukan sholat sunah, niat umrah, sekaligus, petugas melakukan pengecekan terakhir apakah syarat-syarat terkait ibadah umrah sudah dipenuhi jamaah," lanjut dia.

Baca juga: Klinik Kesehatan Haji Mekkah siapkan 50,8 ton obat-obatan

Konsultan Ibadah Daker Mekah kunjungi pondokan jamaah

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar