counter

Anti Hoax

Hoaks, informasi Anies Baswedan berikan bukti otentik ke panitera Mahkamah Internasional

Hoaks, informasi Anies Baswedan berikan  bukti otentik ke panitera Mahkamah Internasional

Ilustrasi hoax. (ANTARA News/Natisha)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah unggahan yang beredar melalui media sosial memberikan informasi tentang pertemuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan panitera Mahkamah Internasional.  Dalam unggahan yang disertai dengan foto tersebut disampaikan bahwa Anies menyerahkan bukti otentik ke panitera Mahkamah Internasional.

Dalam unggahan itu juga disebutkan keputusan Mahkamah Internasional akan dibacakan pada 17 Juli 2019 mendatang.

Klaim     : Anies Baswedan telah bertemu dengan panitera Mahkamah Internasional dan memberikan bukti otentik dengan keputusan akan dibacakan pada 17 Juli 2019
Rating   : Salah/Disinformasi

Penjelasan
Dalam akun twitter resmi Anies Baswedan, @aniesbaswedan disebutkan bahwa foto yang diunggah tersebut adalah foto saat ia menjadi tamu kehormatan kota otonom Buenos Aires di Argentina di sela-sela pertemuan Urban 20 yang berlangsung beberapa waktu yang lalu.

Selain itu dalam situs resmi Mahkamah Internasional, disebutkan bahwa Mahkamah Internasional hanya menyidangkan kasus yang terkait sengketa antar negara dan memberi pendapat hukum atas permintaan dari lembaga-lembaga yang ada di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Cek fakta   : https://twitter.com/aniesbaswedan/status/1057483635064954880
Cek fakta   : https://www.icj-cij.org/en/how-the-court-works
 
Tangkapan layar klarifikasi informasi hoaks Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Anies sebut Indonesia perlu SDM berkualitas

Pewarta: Tim Jacx dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar