kami harap momen pertama masuk sekolah akan jadi kenangan yang menyenangkan
Makassar (ANTARA) - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kompleks Sambung Jawa (Kosamja) Makassar menyambut peserta didik barunya dengan sejumlah tari khas Bugis-Makassar.

Sebelum memasuki area sekolah, tampak 56 siswa baru yang diterima sekolah itu berbaris depan sekolah disambut tari paddupa yang diperagakan langsung oleh siswa-siswi SDN Kosamja, Senin.

Kepala SD Negeri Kompleks Sambung Jawa, Fahmawati Fachruddin menyampaikan penyambutan tersebut untuk memberikan kenangan yang mengembirakan bagi peserta didiknya. 

"Kami harap momen pertama masuk sekolah akan jadi kenangan yang menyenangkan bagi murid-murid kelas 1," katanya.

Sebanyak 56 murid kelas 1, tahun ajaran 2019/2020, mendapat perlakuan istimewa dan penuh kasih sayang.

Kegembiraan juga sangat nampak di wajah murid baru saat didampingi seorang kakak kelas dan penari yang menggunakan baju adat menelusuri jalan di atas karpet hijau masuk ke sekolah.

Mereka masuk dilengkapi papan cita-cita. Ada yang menulis cita-cita sebagai Polwan, tentara, dokter, pramugari dan lainnya.

Di depan panggung ekspresi dan kreasi, anak-anak singgah untuk dikalungkan name tag sebagai tanda siswa baru di SDN Kompleks Sambung Jawa. Pengalungan dilakukan secara bergantian oleh kepala sekolah dan guru-guru.

Baca juga: Siswa baru SD Kosamja Makassar bawa papan cita-cita ke sekolah

Fahmawati dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai guru dan orang tua bertanggungjawab untuk mendoakan dan mengawal cita-cita anak sesuai yang mereka impikan.

SDN Kompleks Sambung Jawa memiliki tagline "caradde", bahasa Makassar yang arti harfiahnya pintar, cerdas atau smart. Namun "carade" juga akronim dari Cerdas, Agamais, Ramah, Aktif, Demokratis, Ekspresif.

"Selama empat tahun saya jadi kepala sekolah di sini, baru pertama kali ada prosesi penyambutan murid baru seistimewa ini," lanjut Bu Fahma yang mendapat aplaus meriah dari orangtua serta murid-murid yang hadir.

Tidak sampai di situ, tari pakarena pun mewarnai penyambutan di sela-sela upacara penyambutan. Setiap siswa baru terlihat terpukau melihat kakak-kakaknya secara kompak dan bersama menarikan beragam tari khas Bugis-Makassar.

Ini cukup menarik perhatian para orangtua murid yang tidak henti-henti memotret dan mengambil video proses penyambutan itu.

Upacara penyambutan yang penuh semangat di sekolah yang berada di Kecamatan Mamajang, Makassar ini sebagai bentuk penghormatan para guru kepada anak-anak sebagai generasi masa depan bangsa.

Baca juga: Hari pertama masuk, siswa diperkenalkan lingkungan sekolahan
Baca juga: Mendikbud minta sekolah ciptakan rasa nyaman siswa

 
Sejumlah siswi SDN Kosamja memperagakan tari paddupa saat menyambut murid baru di sekolahnya, Senin (15/07/2019). ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019