counter

Jakarta tuan rumah Kejuaraan Dunia Kurir Sepeda 2019

Jakarta tuan rumah Kejuaraan Dunia Kurir Sepeda 2019

Hendi Rachmat, pendiri Westbike Messenger Service selaku inisiotor Jakarta tuan rumah The Cycle Messenger World Championship 2019. (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Acara ini akan menjadi sejarah bagi Indonesia, karena pertama kali digelar di Asia Tenggara. Dan bisa jadi ini acara sekali seumur hidup, karena tidak mungkin Jakarta bisa jadi tuan rumah lagi."
Jakarta (ANTARA) - Kabar gembira bagi warga DKI karena Jakarta pada Agustus 2019 menjadi tuan rumah kejuaraan dunia kurir sepeda tahunan (The Cycle Messenger World Championship/CMWC) ke-27.

"Jadi nanti jangan kaget kalau ada bule-bule bersepeda bawa gembolan keliling Jakarta," kata Hendi Rachmat dari Westbike Messenger Service (WMS) saat ditemui ANTARA di Jakarta Barat, Selasa.

Baca juga: Benedict Cumberbatch selamatkan kurir sepeda yang dikeroyok

Hendi mengatakan Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang terpilih sebagai tuan rumah kejuaraan yang akan diikuti oleh ratusan kurir sepeda dari sejumlah negara.

"Acara ini akan menjadi sejarah bagi Indonesia, karena pertama kali digelar di Asia Tenggara. Dan bisa jadi ini acara sekali seumur hidup, karena tidak mungkin Jakarta bisa jadi tuan rumah lagi," katanya.

Ia menjelaskan, sepanjang sejarahnya kejuaraan dunia kurir sepeda belum ada negara yang terpilih sebagai tuan rumah sebanyak dua kali.

Kejuaraan ini pertama kali dilaksanakan tahun 1992 di Kota Berlin, Jerman, dipelopori oleh dua kurir sepeda asal Jerman yakni Achim Beier dan Stefan Klessman yang didukung oleh sejumlah kurir sepeda lainnya dari beberapa negara.

Menurut Hendi, latar belakang Jakarta bisa menjadi tuan rumah berawal dari keikutsertaan tim Indonesia dalam kejuaraan dunia kurir CMWC ke-23 tahun 2015 di Melbourne, Australia.

Berangkat dari situ, ada keinginan besar untuk bisa menyelenggarakan acara tersebut di Indonesia dengan misi membudayakan kurir sepeda kepada masyarakat luas.

"CMWC adalah cita-cita besar Westbike Messenger Service untuk membangun budaya kurir sepeda di Indonesia," kata pendiri Westbike Messenger Service itu.

Lebih lanjut ia mengatakan Westbike Messenger Service di bawah asosiasi kurir sepeda Indonesia atau IBMA menawarkan diri sebagai tuan rumah CMWC 2019.

Penawaran ini dilakukan IBMA pada saat mengikuti kejuaraan dunia kurir sepeda ke-25 di Montreal, Kanada. Dan akhirnya disepakati, Jakarta sebagai tuan rumah ke 27 tahun 2019.

Rencana kegiatan ini juga telah dibicarakan dengan pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kami sudah menghadap ke Pak Imam Nahrowi (Menpora), beliau sangat mendukung kegiatan ini. Dan mengaku baru tahu ada profesi kurir sepeda ini," kata Hendi, sembari menambahkan, pertemuan tersebut berlangsung sekitar 25 Juni lalu.

Persiapan CMWC 2019 telah dilakukan, pendaftaran juga telah dibuka sejak Januari lalu dan masih terus dibuka sampai hari penyelenggaraan yang dijadwalkan pada tanggal 21-26 Agustus mendatang.

"Lokasi CMWC 2019 di JX Expo Kemayoran," kata Hendi.

JX Expo dipilih karena memenuhi persyaratan baik dari sisi luasan dan tertutup, karena kompetisi ini dilaksanakan di area tertutup.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pelajar hingga artis meriahkan aksi menghadap laut di Jakarta

Komentar