Jakarta (ANTARA) - Ervanny Alexander Redyan (37), mitra kurir Lazada Logistic dari Hub Malang, Jawa Timur membagikan kisahnya mengantar paket sambil menyebarkan misi ramah lingkungan.

Ervanny atau yang akrab disapa Ervan ini sudah satu tahun melakoni profesi sebagai bike messenger atau kurir pengantar paket menggunakan sepeda.

Sejalan dengan misi keberlanjutan di Lazada Indonesia, khususnya di unit bisnis Lazada Logistics, bagi Ervan menjadi kurir sepeda juga membantunya menyebarkan pesan ramah lingkungan sembari mengirimkan paket Lazada dengan cepat.

Ervan merupakan salah satu kurir sepeda dari Westbike Messenger Service (WMS), layanan logistik dengan sepeda dan sepeda kargo yang bekerja sama dengan Lazada Logistics untuk mendukung upaya pengiriman paket lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Lazada buat LazzieChat, chatbot berbasis ChatGPT

Sebagai bagian dari armada #BlueVehicle, armada pengiriman paket yang lebih ramah lingkungan di Lazada Logistics, Ervan berharap semangat bergaya hidup lebih sehat bisa dijalankan lebih banyak masyarakat, khususnya di Kota Malang tempatnya berdomisili.

“Justru dengan menggunakan sepeda, saya bisa lebih cepat menuju ke alamat pelanggan karena bisa memasuki jalan-jalan kecil,” ujar Ervan seperti dalam siaran resminya, Selasa (27/6).

Lebih dalam, Ervan mengaku pelanggan yang menerima paket pun beragam menanggapinya. Ada masyarakat yang kaget melihat kurir membawa paket dengan sepeda, dan banyak pula yang penasaran lalu mengajaknya berbincang sambil menawarkan kopi.

Setiap kali menjawab pertanyaan pelanggan, Ervan selalu menyisipkan edukasi tentang gaya hidup ramah lingkungan.

“Kalau ada yang bertanya, kenapa naik sepeda bukan motor atau mobil? Saya selalu jelaskan jika ini salah satu upaya untuk mengurangi polusi, khususnya polusi udara. Tidak hanya baik untuk lingkungan kita, tapi juga untuk diri kita sendiri,” tandasnya.

Ervan berharap dengan kehadiran kurir sepeda dari WMS dan Lazada Logistics ini bisa memberikan kontribusi positif bagi lingkungan di kotanya, khususnya mengurangi dampak polusi terhadap lingkungan.

Sementara itu, Chief Logistic Officer Lazada Indonesia, Philippe Auberger mengatakan Lazada sendiri berkomitmen untuk membangun ekosistem e-commerce yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, yang dijalankan diantaranya melalui kerja sama dengan para mitra strategis.

“Kami sangat mengapresiasi para mitra kurir sepeda yang berbagi semangat ramah lingkungan yang sama dengan kami dan berperan penting dalam mendukung operasional berkelanjutan di Lazada,” kata Philippe.

Lazada terus mengembangkan armada #BlueVehicle di Lazada Logistic yang menggunakan kendaraan yang lebih ramah lingkungan sebagai upaya pengurangan jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan.

Saat ini, layanan pengiriman barang ke konsumen oleh kurir sepeda dari WMS dan Lazada Logistics telah tersedia di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, dan segera merambah ke beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

“Kami berharap berbagai inisiatif berkelanjutan yang dilakukan oleh Lazada ini tak hanya akan berdampak pada operasional perusahaan kami, namun juga bisa mendorong setiap orang dalam ekosistem kami untuk menjalankan gaya hidup lebih ramah lingkungan,” tutup Philippe.

Baca juga: P&G Jalin Kemitraan Eksklusif dengan Lazada dan Luncurkan #HairDNA

Baca juga: Kisah perjalanan Adorable Projects rintis usaha sepatu dan aksesori

Baca juga: AnyMind perkuat kampanye marketing dengan Shopee dan Lazada


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023