counter

Shopee Liga 1 2019

RD anggap puncaki klasemen belum bermakna apa-apa

RD anggap puncaki klasemen belum bermakna apa-apa

Rahmad Darmawan. (ANTARA/Ist)

Posisi kami saat ini belum berarti apa-apa. Salah besar pemain kalau sudah merasa puas
Cibinong, Jawa Barat (ANTARA) - Pelatih klub Tira Persikabo Rahmad Darmawan, akrab disapa RD, menyebut bahwa posisi di puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2019, yang kini diduduki oleh skuatnya, belum berarti apa-apa karena perjalanan timnya di liga masih sangat panjang.

"Masih ada delapan laga tersisa di putaran pertama Liga 1 2019 dan 17 laga lain di putaran kedua. Jadi posisi kami saat ini belum berarti apa-apa. Salah besar pemain kalau sudah merasa puas," ujar RD di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Selasa (16/7).

Menurut RD, yang paling penting saat ini adalah para pemainnya tetap fokus meraih hasil-hasil positif di laga-laga berikutnya.

Skuat Tira Persikabo juga diminta untuk menjaga sikap baik di dalam dan di luar lapangan.

"Kami ini tim yang kerap dianggap bukan apa-apa dan karena itu harus terus belajar. Oleh sebab itu para pemain tidak perlu memikirkan posisi di atas saat ini. Fokus saja ke pertandingan," kata RD.

Tira Persikabo bisa dinilai tampil mengejutkan di Liga 1 Indonesia musim 2019.

Kemenangan dengan skor telak 5-3 atas juara Liga 1 2018 Persija Jakarta di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Selasa (16/7), membuat mereka menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Liga 1 Indonesia 2019.

Baca juga: Unggul dari Persija 5-3, Tira Persikabo kokoh di puncak klasemen

Baca juga: Tira Persikabo belum terkalahkan usai lumat Persija Jakarta 5-3


Saat ini, Tira Persikabo pun kokoh di puncak klasemen sementara Liga 1 2019 dengan 19 poin dan tidak pernah takluk dari sembilan laga yang sudah dilalui.

Padahal, tahun 2018, Tira Persikabo yang saat itu masih bernama PS Tira merupakan tim yang hampir saja didegradasi ke Liga 2. Mereka mengakhiri Liga 1 di posisi ke-15 atau satu tingkat di atas zona merah.

Sementara di Liga 1 2017, Tira Persikabo menuntaskan musim dengan berada di peringkat ke-12.

Itu membuat sebelum musim bergulir mereka tidak dipandang sebagai tim yang dapat mengisi posisi papan atas klasemen.

Perubahan Tira Persikabo dimulai ketika manajemen menunjuk Rahmad Darmawan sebagai pelatih pada Januari 2019. Dengan pemain-pemain pilihannya, RD mampu meramu tim hingga saat ini mereka diperhitungkan sebagai kuda hitam di Liga 1 2019.

Meski demikian, Rahmad Darmawan tak mau besar kepala. Bahkan ketika timnya menaklukkan Persija dengab skor 5-3, RD menilai timnya sedikit beruntung.

"Kami cukup beruntung Persija bermain tanpa ada Bruno Matos dan Steven Paulle. Artinya kami jangan puas dahulu karena mereka tidak 'full team'," tutur dia.

Baca juga: Rahmad Darmawan beberkan taktik untuk taklukkan Persija

Baca juga: Klasemen Liga 1 setelah Persija tumbang di kandang PS Tira Persikabo

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jelang putaran 2, Persib bandung perkenalkan 3 pemain baru

Komentar