counter

Jepang kepada Korsel : Bangun lagi kepercayaan demi dialog perdagangan

Jepang kepada Korsel : Bangun lagi kepercayaan demi dialog perdagangan

Bendera Jepang (ANTARANews/Grafis/ist) (1)

Tokyo (ANTARA) - Korea Selatan harus membangun kembali kepercayaan dengan Jepang dalam perselisihan bilateral, kata pejabat pemerintah Jepang pada Jumat, menambahkan bahwa pembatasan perdagangan Jepang terhadap Korsel tidak mengancam rantai pasokan teknologi tinggi global.

"Jika hubungan kepercayaan tidak dibangun kembali maka akan sulit untuk berdialog soal kebijakan dan pengelolaan perdagangan," kata Jun Iwamatsu, direktur kebijakan pengendalian perdagangan Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang saat konferensi pers.

Menurutnya, pembatasan ekspor yang diberlakukan oleh Jepang pada Juli ini sama sekali tidak berimbas pada rantai pasokan global.

Perselisihan tentang kompensasi pekerja paksa Korea merambah ke urusan perdagangan material teknologi canggih yang digunakan untuk membuat cip memori dan layar antara dua sekutu AS tersebut.

Hubungan bertetangga keduanya menjadi sulit selama beberapa dekade lantaran kebencian Korea Selatan atas pendudukan Jepang pada 1910-1945 di semenanjung Korea.

Sumber: Reuters
Baca juga: Pimpinan partai Korsel janji selesaikan sengketa dengan Jepang
Baca juga: AS akan "lakukan apa saja" untuk bantu Jepang-Korsel
Baca juga: Indonesia dukung stabilitas-perdamaian di Semenanjung Korea

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

RI dukung perdamaian di Semenanjung Korea

Komentar