Jakarta (ANTARA) - Setelah sukses dengan usaha kuliner berupa camilan nugget pisang "Sang Pisang", Kaesang Pangarep semakin memperluas bisnisnya dengan membuka gerai minuman kopi ke-12 di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Sabtu.

Putera bungsu Presiden Joko Widodo itu membuka cabang terbaru bisnis minuman kopi berlabel "Ternakopi by Kaesang" di Restoran Mangkok Ku, Tanjung Duren.

"Alasan buka di sini, ya karena kan saya juga yang punya Mangkok Ku dan saya lihat di sini belum ada vendor minumannya. Jadi saya masukin aja," kata Kaesang usai pembukaan Restoran Mangkok Ku di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat, Sabtu.

Dikemas dalam botol plastik berwarna hitam, Ternakopi by Kaesang hanya menawarkan menu kopi dingin atau lebih dikenal sebagai cold brew karena minuman itu dianggap lebih enak serta lebih praktis.

"Kalau cold brew kan bisa dinikmati lebih lama, bisa disimpan untuk dikonsumsi sampai besok. Selain itu, cold brew lebih aman untuk lambung," kata mahasiswa semester delapan Singapore Institute of Management University itu.

Ada 10 varian kopi dingin yang ditawarkan Ternakopi mulai dari rasa original, kopi gula jawa, kopi vanila, kopi avocado, kopi karamel, kopi hazelnut, kopi mint, kopi green tea, kopi taro, dan kopi cokelat.

Baca juga: Kaesang hadirkan game Free Fire di Sang Pisang Gaming Championship
 
Kemasan kopi cold brew "Ternakopi by Kaesang" (ANTARA News/Ida Nurcahyani)


Ramah lingkungan
Semua varian Ternakopi dikemas dalam botol plastik berukuran 250 mililiter dengan harga jual Rp20 ribu per botol.

"Ke depan, kemasannya akan ganti pakai plastik oxium yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, kami mau bikin tumbler," kata Kaesang.

Berbeda dengan gerai toko kopi yang sudah ada, konsumen yang membeli Ternakopi dengan tumbler merek itu akan mendapat diskon setiap hari.

"Kalau (kopi) di (gerai) yang lain kan, diskonnya hari tertentu saja. Ternakopi diskon terus kalau bawa tumbler," ujarnya.

Baca juga: Sang Pisang target buka hingga 300 gerai pada 2019
 
Kaesang Pangarep (ANTARA News/Ida Nurcahyani)


Ekspansi
Kaesang yang memulai bisnis kopi dari pelatihan barista selama setahun berambisi membuka gerai Ternakopi hingga 10.000 cabang.

"Bulan depan, (saya) akan buka (gerai) lagi di Jakarta, mungkin satu sampai tiga (gerai). Ternakopi sudah mendapat suntikan dana lagi, tapi dari mana dan berapa rahasia," katanya.

Lewat Ternakopi, Kaesang bercita-cita ingin memberdayakan para petani kopi di Indonesia. Dia juga akan menambah variasi biji kopi dalam racikan Ternakopi.

"Selama ini, cuma single origin biji kopi. Saya kepingin menambah dua dari dua lokasi di Indonesia, satu dari Aceh satu lagi dari Indonesia Timur nanti," katanya.

Bukan hanya kopi, Kaesang pun akan menambah minuman teh sebagai varian minumannya dengan nama "Ternakopi and Tea".

"Nanti, insya Allah akan ada teh cold brew juga dari Ternakopi," katanya.

Baca juga: Putra Jokowi Kaesang ingin buka 10 ribu cabang kedai kopi
 
Kaesang Pangarep saat pembukaan gerai Ternakopi ke-12 di Restoran Mangkok Ku di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat, pada Sabtu (20/7/2019). (ANTARA News/Ida Nurcahyani)

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019