RSUD Soetomo siap menerima kembali tiga bayi kembar siam

RSUD Soetomo siap menerima kembali tiga bayi kembar siam

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kanan) didampingi Ketua Tim Pusat Penanganan Kembar Siam Terpadu RSUD Dr Soetomo, dr Agus Harianto SpA(K) (kiri) saat menjenguk bayi kembar siam asal Kendari di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Senin (08/05/2019). (Foto Fiqih Arfani)

Surabaya (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo Surabaya siap menerima kembali tiga pasien bayi kembar siam dari tiga daerah, yakni Aceh, Denpasar dan Mataram.

"Sudah ada tiga pasien dari tiga daerah dan semuanya sedang kami siapkan," ujar Ketua Tim Pusat Penanganan Kembar Siam Terpadu RSUD Dr Soetomo, dr Agus Harianto SpA(K), kepada wartawan di Surabaya, Senin.

Ketiganya, kata dia, berjenis kelamin perempuan dan dalam waktu dekat tim dari Surabaya akan datang sekaligus memastikan kondisi pasien bayi kembar siam.

Tim dokter, kata dia, memiliki prosedur tetap menangani kembar siam yang dimulai dari evaluasi terhadap pasien di daerah untuk dicek tingkat bertahan hidupnya (survival) atau tidak.

"Kalau tidak memungkinkan maka disarankan untuk tidak dibawa ke Surabaya karena khawatir meninggal dunia di sini. Sebab, sebagian besar kembar siam dempet perut dan dada meninggal sebelum dipisahkan," ucapnya.

Sebaliknya, kata dia, jika bayi dinyatakan survival maka selanjutnya akan dirujuk ke RSUD Dr Soetomo dan dilakukan penanganan intensif hingga operasi.

"Untuk awal-awal kami akan datang ke daerah, lalu mengevaluasi dan melihat semuanya, mulai kondisi, sumber daya manusianya hingga peralatan. Tapi yang pasti, rumah sakit siap," katanya.

Baca juga: RSUD Soetomo tangani kembar siam dempet dada-perut asal Kendari

Baca juga: Operasi lancar, kembar siam Adam dan Malik akan di upah-upah

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pasien sembuh buktikan COVID-19 bisa dikendalikan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar