Manggala Agni siaga antisipasi karhutla di kawasan Danau Sentarum

Manggala Agni siaga antisipasi karhutla di kawasan Danau Sentarum

Arsip Foto. Pemandangan kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA FOTO/Hs Putra Pasaribu

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Tim Manggala Agni siaga di beberapa titik di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Tim Manggala Agni sudah disebar di empat posko untuk mengantisipasi karhutla di kawasan tersebut," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum Kapuas Hulu Arief Mahmud saat dihubungi dari Putussibau, ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.

Arief menjelaskan, anggota Manggala Agni siaga di Posko Desa Laut Tawang, Posko Tekenang, Posko Desa Sepandan, dan Posko Desa Vega.

Tim Manggala Agni melakukan patroli rutin dan pemantauan dari menara pengawas Bukit Tekenang guna mencegah terjadinya kebakaran lahan.

"Alhamdulillah pada Agustus ini tidak ada titik api atau hotspot (titik panas), harapan kita tidak terjadi kebakaran pada kawasan TNDS," kata Arief.

Dia mengimbau seluruh warga dan pelaku usaha di sekitar kawasan Taman Nasional Danau Sentarum bersama-sama menjaga lingkungan agar tidak sampai ada kebakaran di sekitar kawasan Danau Sentarum.

"Kami juga sering melakukan sosialisasi, bahkan pelatihan, terkait penanggulangan kebakaran hutan kepada masyarakat di sekitar kawasan Taman Nasional," katanya.

Baca juga:
Danau Sentarum seketika menjadi daratan
Taman Nasional Bentarum tingkatkan patroli karhutla

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar