counter

China kepada politikus AS: hentikan persekongkolan separatis Hong Kong

China kepada politikus AS: hentikan persekongkolan separatis Hong Kong

Seorang pengunjuk rasa melempar pembatas lalu lintas ke sekelompok melawan pengunjuk rasa anti-pemerintah, saat unjuk rasa mendukung mogok seluruh kota dan menuntut reformasi demokrasi di Hong Kong, China, Senin (5/8/2019). (REUTERS/KIM KYUNG-HOON)

Beijing (ANTARA) - Komisioner Kementerian Luar Negeri China di Hong Kong pada Selasa mengatakan kota tersebut milik China dan pihaknya akan merespons dengan tegas terhadap tindakan apa pun yang membahayakan kedaulatan China.

Komisioner Kementerian Luar Negeri itu, yang menanggapi sejumlah pernyataan Ketua DPR AS Nancy Pelosi, menyatakan politikus Amerika Serikat harus segera menghentikan persekongkolannya dengan separatis di kota tersebut.

Hong Kong diguncang serentetan aksi kekerasan selama beberapa pekan terakhir ini, yang bermula dari penentangan terhadap rancangan undang-undang ekstradisi, yang kini ditangguhkan. RUU tersebut memungkinkan para tersangka diadili di daratan China.

Aksi protes pun berkembang menjadi reaksi yang lebih luas terhadap pemerintah kota tersebut dan juga para penguasa politiknya di Beijing.

Sumber: Reuters

Baca juga: China: Pelabelan manipulator mata uang picu kekacauan pasar keuangan

Baca juga: Pemimpin Hong Kong dituntut kembalikan kekuasaan kepada rakyat

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Klarifikasi Polri terkait temuan peluru tajam

Komentar