Jakarta (ANTARA) - Runner-up Liga Portugal Porto meraih kemenangan dalam laga pertama putaran ketiga kualifikasi Liga Champions yang berlangsung di sejumlah kota di Eropa, Kamis dini hari WIB, sedangkan juara Skotlandia Celtic bermain imbang dan wakil Swiss Basel terjengkang di kandang sendiri.

Porto menang 1-0 atas FC Krasnodar saat melawat ke markas klub Rusia itu di Stadion Krasnodar berkat gol semata wayang Sergio Oliveira, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kemenangan Porto diraih dengan cara dramatis karena gol Oliveira dicetak pemain sayap itu hanya satu menit menjelang waktu normal berakhir.

Oliveira melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa dihalau kiper Matvey Safonov.

Hasil itu jadi modal positif bagi tim besutan Sergio Conceicao yang akan bergantian menjamu Krasnodar dalam laga kedua di Estadio Dragao pekan depan.

Kemenangan juga berhasil dibukukan runner-up Liga Yunani, Olympiakos, yang sukses menundukkan tuan rumah Istanbul Basaksehir saat bertandang ke Stadion Basaksehir Fatih Terim di Turki.

Tandukan Giorgos Masouras menyambut umpan kiriman Mathieu Valbuena menjadi penentu kemenangan Olympiakos yang akan menjamu Basaksehir pada pertandingan kedua nanti.

Baca juga: Ajax main imbang di markas PAOK

Kemenangan juga dibukukan juara liga Norwegia, Rosenborg, yang membungkam NK Maribor 3-1 dalam lawatan ke Stadion Ljudski srt, Slovenia.

Di Rumania, Celtic sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Mario Rondon untuk tuan rumah CFR Cluh sebelum James Forrest menyamakan kedudukan dan skor imbang 1-1 bertahan hingga laga usai.

Kejutan diciptakan runner-up Austria, LASK, yang membuat Basel terjengkang 2-1 di Stadion St. Jakob Park.

Jika berhasil menjaga keunggulan agregat saat menjamu Basel di Stadion Linzer pekan depan, LASK memperbesar peluang melakoni debut putaran final Liga Champions.

Jika lolos ke babak playoff, LASK akan berhadapan dengan pemenang pertandingan Club Brugge kontra Dynamo Kiev. Saat ini Brugge unggul agregat 1-0.

Baca juga: Debut Mignolet di Club Brugge berbuah kemenangan

Berikut jadwal dan hasil laga pertama putaran ketiga kualifikasi Liga Champions (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB):

Jadwal Rabu (7/8) dini hari
PAOK 2 - Ajax 2 (Chuba Akpom 32', Leo Matos 39'; Hakim Ziyech 10', Klaas-Jan Huntelaar 57')
APOEL FC 1 - FK Qarabag 2 (Giorgios Merkis 90+5'; Mahir Maedaetov 54', Magaye Gueye 69')
Dinamo Zagreb 1 - Ferencvaros 1 (Dani Olmo 7'; David Siger 59')
Club Brugge 1 - Dynamo Kiev 0 (Hans Vanaken p-37')
Red Star Belgrade 1 - FC Copenhagen 1 (Milan Pavkov 44'; Jonas Wind p-84')

Jadwal Kamis (8/8) dini hari
FC Krasnodar 0 - FC Porto 1 (Sergio Oliveira 89')
Istanbul Basaksehir 0 - Olympiakos 1 (Giorgos Masouras 53')
Basel 1 - LASK 2 (Luca Zuffi 87'; Gernot Trauner 50', Joao Kaluss 82')
CFR Cluj 1 - Celtic 1 (Marion Rondon 28'; James Forrest 37')
NK Maribor 1 - Rosenborg 3 (Marcos Tavares 70'; Alexander Soderlund 50', 63', Mike Jensen 71')

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019