Warsawa, Polandia (ANTARA) - Para pebalap sepeda tim Lotto Soudal kembali ambil bagian dalam etape kelima Tour of Poland, Rabu waktu setempat, kendati masih dibalut duka atas kematian pebalap sepeda Belgia Bjorg Lambrecht.

Lambrecht (22) meninggal dunia secara tragis menyusul sebuah kecelakaan pada etape ketiga Senin pekan ini setelah kehilangan kendali atas sepedanya hingga menabrak dinding beton pemisah jalan.

"Sudah diputuskan bahwa semua pebalap Lotto Soudal kami akan memulai etape lima @Tour_de_Pologne hari ini dan akan membalap demi Bjorg," cuit tim ini menjelang awal lomba dari Wieliczka Salt Mine.
 
Para anggota dan staf tim telah berdiskusi sampai Selasa tengah malam mengenai apakah pebalap-pebalapnya mesti terus berlomba, lapor kantor berita Polandia PAP seperti dikutip AFP.

Etape kelima sendiri dimenangkan oleh pebalap sepeda Slovenia Luka Mezgec setelah adu sprint untuk mencapai finis di Bielsko-Biala, sedangkan pebalap Jerman Pascal Ackermann tetap memimpin klasemen balapan dengan mengenakan kaus kuning.

Baca juga: Tour of Poland renggut nyawa Bjorg Lambrecht

Balapan ini dilanjutkan setelah penyelenggara menetralisasi dan memperpendek etape keempat Selasa setelah rekan-rekan mendiang Lambrecht pada tim Lotto Soudal mengenakan pita hitam dan mengheningkan cipta selama satu menit.

Mereka kemudian mengulangi memberikan penghormatan dengan berhenti membalap pada jarak yang sama dengan ketika Lambrecht mengalami kecelakaan sehari sebelumnya.

Senin itu orang tua Lambrecht menungguinya di garis finis untuk menyaksikan sang buah hati menyelesaikan lomba, kata penyelenggara lomba seperti dikutip AFP.

Dia diungsikan dari situs kecelakaan untuk dibawa ke rumah sakit di Rybnik dalam kondisi kritis dan kemudian meninggal dunia di meja operasi.

Kejaksaan di kota ini menggelar penyelidikan untuk mengetahui penyebab insiden maut tersebut.

Baca juga: Ackermann menangi etape pertama Tour of Poland
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019