Jakarta (ANTARA News) - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Nanan Soekarna di Jakarta, Selasa, menyatakan, Tim SAR Polri telah dapat memastikan lokasi pesawat jenis "sky truck" yang jatuh di Papua, pada Senin (2/11).

Menurut dia, pesawat ditemukan di koordinat 3 derajat 40 menit 26 detik Lintang Selatan (LS) dan 138 derajat 20 menit 60 detik Bujur Timur (BT) yang masuk di Kampung Kanggime, perbatasan antara Kabupaten Tolikara dan Puncak Jaya.

Jarak dari lokasi pesawat jatuh ke jalan raya lima kilometer dan tidak jauh dari itu ada lapangan terbang perintis milik misionaris, katanya.

Dari Tolikara, lokasinya berjarak 14 kilometer sedangkan dari Puncak Jaya 42 kilometer.

"Saat ini, Tim SAR sedang berusaha untuk menuju lokasi penemuan pesawat," katanya.

Nanan belum dapat memastikan nasib empat kru pesawat itu dan kondisi fisiknya.

Pesawat Polri jenis "sky truck" hilang kontak dalam perjalanan dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura pukul 11:20 WIT dan seharusnya sudah mendarat di Mulia, Ibukota Kabupaten Puncak Jaya 12:40 WIT.

Pesawat itu diawaki oleh pilot AKP Yunus, Kopilot Ipda Benedektus dan dua mekanik masing-masing Briptu Saiful dan Briptu Kuwanto dan membawa delapan drum bahan bakar untuk keperluan logistik anggota Polri yang bertugas di Puncak Jaya.

Pesawat itu milik Direktorat Polisi Udara, Badan Pembinaan Keamanan Polri yang diperbantukan di jajaran Polda Papua.

Selain untuk mengangkut logistik, pesawat itu juga dipakai untuk mobilitas pimpinan Polda Papua. Polisi menduga, pesawat jatuh karena cuaca buruk. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009