Tokyo (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama, yang memulai lawatan ke Asia di Tokyo, Jumat, menekakan komitmen kepada sekutu lamanya, Jepang, dan menegaskan bahwa AS adalah negara lingkar Pasifik.

"Aliansi antara AS dan Jepang adalah fondasi bagi keamanan dan kemakmuran, tidak hanya bagi kedua negara kita, tapi bagi wilayah Asia-Pasifik," kata Obama dalam konferensi pers di Tokyo seperti dilaporakan AFP.

Setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Yukio Hatoyama yang beraliran kiri-tengah, yang memegang tampuk pemerintahan dua bulan lalu, Obama menyatakan "aliansi kita akan kekal dan upaya kita akan dipusatkan pada merevitalisasi persahabatan itu agar supaya persahabatan itu lebih kuat dan lebih berhasil dalam memenuhi tantangan-tantangan abad ke21".

Obama, yang pada akhir pekan akan menemui para pemimpin forum Kerjasama Ekonomi Pasifik (APEC) sebelum melakukan perjalanan ke China dan Korea Selatan, menekankan bahwa AS melihat dirinya sebagai bagian dari kawasan itu.

"Sepanjang lawatan saya dan sepanjang kepresidenan saya, saya ingin menegaskan bahwa AS adalah negara Pasifik dan kami akan memperdalam keterlibatan kami di bagian dunia ini," tegasnya.

"AS akan memperkokoh aliansi kita, membangun kemitraan baru dan kita akan menjadi bagian dari upaya multilateral dan lembaga regional untuk memajukan keamanan dan kemakmuran regional."

Obama mengatakan ia dan Hatoyama sepakat untuk bekerja bersama ke arah dunia bebas-senjata-nuklir.

Ketika ditanya apakah ia ingin mengunjungi Hiroshima dan Nagasaki, kota yang dibom oleh AS pada Perang Dunia II, ia menyatakan: "Saya tentu saja akan merasa terhormat, akan berarti bagi saya untuk mengunjungi dua kota itu pada waktu yang akan datang.

"Saya belum memiliki rencana perjalanan segera, tapi itu adalah sesuatu yang akan berarti bagi saya."(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009