Washington (ANTARA News) - Google awal pekan ini meluncurkan suatu program yang memungkinkan orang untuk membuat aplikasi sederhana di smartphones dengan sistem operasi Android.

"App Inventor for Android" memudahkan semua orang -programer maupun non programer, profesional maupun pelajar- untuk menciptakan aplikasi handphone berbasis OS Android.

Google menyatakan dalam blog post-nya,"Untuk menggunakan App Inventor, Anda tidak harus menjadi seorang developer, alat ini TIDAK (huruf besar dari Google, red.) membutuhkan pengetahuan programming."

Alih-alih mengetikkan kode, 'App Inventor' memudahkan user untuk membuat aplikasi secara visual dengan menyusun kode blok seperti mainan anak-anak 'Lego'.

Beberapa 'kode blok' tersebut sudah diprogram, misalnya untuk menyimpan informasi, mengulang aksi - repeat an action, serta melakukan aksi hanya dalam kondisi tertentu.

"Anda dapat membuat segala macam aplikasi yang bisa anda bayangkan melalui App Inventor," jelas Google dalam sebuah post di blog-nya.

App Inventor menyediakan akses ke sebuah sensor lokasi - GPS, sehingga kita dapat membuat aplikasi yang menunjukkan lokasi seseorang.

"Anda dapat membuat aplikasi untuk mengetahui di mana Anda memarkir mobil Anda, aplikasi yang menunjukkan lokasi teman atau kolega Anda ketika sedang menonton konser maupun saat menghadiri konferensi," tambah Google.

Android, sebuah platform open source telah digunakan oleh sejumlah produsen handset terkemuka untuk mendukung perangkatnya.

Google, raksasa internet ini mengatakan lebih dari 160.000 ponsel yang didukung OS Android terjual setiap harinya.(m-ela/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010