Kupang (ANTARA News) - Lima belas negara dipastikan ambil bagian dalam Sail Indonesia 2010 dan sepakat menjadikan Kupang, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai persinggahan sebelum menyinggahi daerah lain.

"Mereka akan menggunakan 65 kapal layar," kata Ketua Dewan Pengurus Yayasan Cinta Bahari Indonesia (YCBI) Raymond T. Lesmana dalam percakapan dengan ANTARA melalui telepon genggam, Minggu.

Yayasan Cinta Bahari Indonesia adalah penggagas sekaligus penyelenggara Sail Indonesia yang sudah berlangsung selama delapan tahun terakhir.

Raymond Lesmana mengatakan, pada 20 Juli akan ada pertemuan terakhir untuk seluruh peserta di Darwin, Australia. Mereka akan mendapat penjelasan tentang rute pelayaran selama sekitar lima bulan berada di Indonesia.

Setelah mengikuti penjelasan, maka para peserta mulai bertolak dari Darwin menuju Kupang pada 24 Juli dan diperkirakan tiba di pantai Kupang pada 27-28 Juli , katanya.

Di Kupang para peserta akan mengunjungi sejumlah obyek wisata di Pulau Timor sebelum melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Alor, Lembata, Maumere, Ende, Ngada, dan Labuan Bajo.(*)

B017/A011/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010