...demi memanfaatkan momentum Sail to Indonesia untuk mempromosikan destinasi wisata di Maluku.
Ambon (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Maluku menyiapkan informan destinasi wisata untuk turis Sail to Indonesia yang akan menyinggahi Pantai Desa Amahusu, Ambon pada 4 Agustus 2023.

Hal itu dilakukan demi memanfaatkan momentum Sail to Indonesia untuk mempromosikan destinasi wisata di Maluku.

“Dispar Maluku sendiri berperan hadir untuk menjamu para pelayar yang akan menyinggahi Amahusu dan membuat stan pariwisata sebagai tempat informan bagi para wisatawan, sekaligus memperkenalkan destinasi yang ada di Maluku,” kata Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Maluku Marisca Kakiailatu, di Ambon, Senin.

Marisca mengatakan, Agustus 2023 ini, turis mancanegara akan berdatangan ke Kota Ambon dengan metode menggunakan kapal layar yang berpusat di Desa Amahusu, Ambon.

Dalam kunjungan kapal layar atau sail turis ini, akan dilakukan dalam tiga kali pelayaran yang menyinggahi tempat yang sama yakni Amahusu Kota Ambon.

Dari tiga pelayaran tersebut, yang pertama adalah Sail Odisei, yang sudah berlangsung sejak 30 Juli 2013 hingga 2 Agustus 2023 sebanyak 15 kapal.

Kemudian diikuti pada 4-6 Agustus dengan Sail to Indonesia dengan 45 kapal layar, dan akan dilanjuti dengan Sail Darwin Ambon yang akan tiba di Desa Amahusu diperkirakan pada 7 Agustus dengan 20 kapal.

“Untuk ketiga sail ini memang sudah ada semacam komunitas maupun event organizer yang menangani. Kami dari pihak Dinas Pariwisata Maluku sifatnya sesuai dengan arahan pimpinan adalah mendukung setiap kegiatan yang ada,” ujarnya.

Marisca mengaku, menyambut Sail to Indonesia ini, Dispar telah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Amahusu untuk menyiapkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di samping memperkenalkan budaya serta sejarah pada turis-turis tersebut.

“Memang ada yang sudah berulang kali ke Ambon, tapi ada juga yang baru sekali. Jadi kesan sebagai tuan rumah baik itu, kita selalu kedepankan supaya ketika keluar Maluku tetap dikenang,” katanya pula.

Ia berharap, ketika kegiatan sail ini dilakukan ada poin-poin tertentu terhadap daerah-daerah singgahannya. Dan Ambon menjadi salah satu lokus yang memberikan kenyamanan dan menawarkan sesuatu yang baru untuk wisatawan.

“Sehingga untuk tahun depan bisa lebih meningkat kunjungan wisatawan. Dan mereka yang sudah berkunjung juga bisa memviralkan sesuatu yang baik dari Maluku khususnya Kota Ambon,” kata Marisca pula.
Baca juga: Dispar Maluku dukung daerah ingin berinovasi kembangkan wisata
Baca juga: Bank Maluku-Malut meluncurkan digitalisasi retribusi destinasi wisata


Pewarta: Winda Herman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023