Satu tahun ke depan menjadi tanggung jawab bagi saya untuk mendorong pengembangan destinasi wisata di Maluku dan Indonesia pada umumnya
Ambon (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Maluku menggandeng Putri Pariwisata Maluku 2023 Kanidya Christandira Tuhumury untuk mempromosikan destinasi wisata di wilayahnya.

"Dengan keberadaan Putri Pariwisata Maluku ini, tentunya dia akan mengemban tugas selama satu tahun ke depan. Tugasnya seperti apa, ya dia akan mempromosikan destinasi wisata yang ada di seluruh Provinsi Maluku," kata Kepala Dinas Pariwisata Maluku Meykal Pontoh di Ambon, Maluku, Senin.

Ia mengatakan dengan adanya Putri Pariwisata ini akan menarik perhatian tidak hanya lokal, namun juga nasional.

Kanidya meraih runner up II dalam ajang Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia (PPI) Tahun 2023, yang digelar di Jakarta, Sabtu (16/9/2023).

Prestasi Kanidya itu menunjukkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan sektor pariwisata selama ini telah berjalan maksimal.

Meykal mengatakan pihaknya akan berkolaborasi dalam pembuatan program-program yang merujuk pada pengembangan destinasi wisata di 11 kabupaten/kota di Maluku.

Sementara itu, Kanidya mengatakan tugas ini menjadi tanggung jawab bagi dirinya untuk dapat mengembangkan destinasi wisata yang ada di Maluku dan juga Indonesia.

"Satu tahun ke depan menjadi tanggung jawab bagi saya untuk mendorong pengembangan destinasi wisata di Maluku dan Indonesia pada umumnya," katanya.

Lulusan Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) itu menyatakan Maluku punya banyak potensi destinasi wisata yang indah.

Bukan saja soal keindahan alamnya, tetapi juga potensi ekonomi kreatif serta desa wisata menjadi fokus dirinya untuk dikembangkan bersama dengan Pemerintah Provinsi Maluku.

Putri Pariwisata Maluku 2023 Kanidya Christandira Tuhumury di Ambon, Maluku, Senin (18/9/2023). ANTARA/Winda Herman
Kanidya mengatakan promosi wisata akan dilakukannya dengan memanfaatkan dunia digital termasuk membuat konten-konten kreatif tentang destinasi wisata Maluku.

"Kalau turun langsung ke lokasi itu sudah pasti. Tapi, saya juga akan kembangkan dengan memanfaatkan konten-konten di dunia digital," ungkapnya, yang kelahiran Negeri Haruku itu.

Tidak hanya itu, kolaborasi dengan masyarakat kecil juga menjadi bagian penting baginya untuk mendukung program pengembangan wisata dimaksud.

"Artinya, produk-produk UMKM mereka bisa saya promosikan untuk pengembangan pariwisata Maluku dan Indonesia," ucap Kanidya, yang juga mendapat predikat Miss Marine Tourisme serta Putri Berbakat.

Grand Final PPI 2023 diikuti 33 kontestan perwakilan provinsi di Indonesia dengan mengusung tema "Tourism and Green Investments".

Baca juga: Kanidya Tuhumury terpilih jadi Putri Pariwisata Maluku 2023
Baca juga: Menparekraf minta Putri Pariwisata harus promosikan wisata Nusantara


Pewarta: Winda Herman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023