Pekanbaru (ANTARA News) - Percaya atau tidak, mengenakan topeng di bagian belakang kepala agaknya dipercaya bisa mencegah terkaman harimau liar di hutan.

"Setiap masuk ke hutan saya selalu pakai topeng di belakang kepala untuk mengelabui harimau," kata Ketua Yayasan Pelestarian Harimau Sumatera (YPHS) Bastoni di Pekanbaru, Rabu.

Ia menjelaskan, kiat tersebut dikembangkannya sendiri setelah cukup lama mempelajari perilaku harimau liar sejak tahun 2003. Bustoni kerap kali diminta pemerintah untuk mengatasi konflik harimau dan manusia di Sumatera.

"Harimau hampir selalu menerkam manusia dari belakang dengan menyerang tengkuk dan mematahkan leher. Kalau kita menggunakan topeng terbalik, tentu harimau jadi bingung mencari bagian belakang tubuh kita," ujarnya.

Ia juga berbagi pelajaran bagaimana mengelak ketika berpapasan dengan harimau di hutan. Menurut dia, ketika berpapasan dengan harimau lebih baik bergerak mundur dengan tidak memunggungi Si Belang.

"Setelah merasa cukup jauh, lekas lari," katanya.

Konflik harimau dan manusia di Provinsi Riau masih tergolong tinggi dikarenakan aktivitas manusia yang mendesak habitat harimau sehingga satwa liar itu menerkam manusia dan hewan peliharaan karena kekurangan makanan.

Menurut data YPHS, telah ada 51 konflik antara harimau dan manusia dalam kurun 2004-2009. Dalam periode tersebut, terdapat lima korban manusia yang meninggal dunia dan dua ekor harimau mati akibat konflik. 
(F012/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010