Batulicin (ANTARA News) - Mardani H Maming (29),  dilantik sebagai Bupati Tanah Bumbu, Kalsel. Mardani  usianya  paling muda di antara pejabat kepala daerah lain di seluruh Indonesia.

Acara pelantikan dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Rudi Arifin di Gedung Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat, Senin.

Turut menghadiri acara pelantikan tersebut hampir seluruh pejabat pemerintah daerah dan anggota DPRD setempat, unsur pejabat pemerintah kota dan provinsi se-Kalimantan Selatan, serta Ketua DPP PDI-Perjuangan, Puan Maharani beserta robongan.

Acara pelantikan bupati langsung dirangkai dengan kegiatan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Tanah Bumbu, Hj Erwinda Mardani H Maming oleh istri Gubernur Kalsel, Hj Hayatun Fardah.

Dalam sambutanya gubernur sangat berbesar hati atas munculnya generasi termuda se-Indonesia yang mampu menjadi seorang pejabat kepala daerah di Kabupaten Tanah Bumbu.

Pasangan Mardani H Maming-Difriadi Darjat yang secara resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati di daerah tersebut diharapkan mampu menjalankan estafet pemerintahan selama lima tahun mendatang.

"Artinya ada harapan sebagai generasi muda untuk menjadi seorang pemimpin. Apalagi Bupati Tanah Bumbu yang saat ini dilantik usianya termasuk termuda se-Indonesia," katanya.

Gubernur menambahkan, selain aspek sosial, ekonomi dan kesejahteraan rakyat, masalah serius yang perlu diperhatikan sebagai seorang pemimpin adalah kelestarian lingkungan.

Dengan bergantinya pemimpin, daerah Tanah Bumbu yang hakikatnya memiliki kekayaan alam melimpah kondisinya diharapkan semakin lestari supaya musibah banjir yang sering terjadi sebelumnya dapat dihindari.

"Ini perhatian utama untuk bupati ke depan. Setiap izin pertambangan harus ada kajian lingkungan dan setiap eksploitasi harus berbasis lingkungan," kata Rudi.

Pasangan Mardani H Maming-Difriadi Darjat (DD) resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu periode 2010/2015 mengantikan Drs Gusti Hidayat yang sebelumnya menjabat caretaker bupati daerah setempat sejak 30 Juli 2010.

Pasangan DD sebelumnya telah menang dalam Pilkada putaran kedua di daerah tersebut yang berlangsung 16 Agustus 2010. Dalam Pilkada tersebut DD meraih 57,53 persen suara atau 67.993 suara, mengalahkan pasangan Hamsyuri-Sartono (Hasa).
(KR-SYO//H-KWR)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010