Sukabumi (ANTARA News) - Penyanyi kawakan Iwan Fals mengaku terinspirasi untuk membuat lagu dengan judul "Trembesi", yang mengambil nama dari salah satu tanaman keras dengan segala keunggulannya.

Ini diungkapkan oleh Iwan Fals saat mengikuti acara penanaman 11.500 pohon trembesi di Pondok Pesantren Azzainiyah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Inspirasi ini timbul setelah saya mengetahui akan keunggulan pohon ini dan rencananya saya akan membuat judul lagu Trembesi Seksi," kata Iwan kepada wartawan, usai melakukan penanaman pohon, Kamis.

Dirinya yang saat ini sedang fokus terhadap kelestarian lingkungan dan pencegahan pemanasan global, menuturkan, setiap lagu yang dibuatnya sekarang rata-rata terinspirasi dari alam. Seperti salah satunya adalah "Hutanku" yang liriknya dibuat oleh Mantan Menteri Kehutanan MS Kaban pada saat itu.

"Mungkin saja inspirasi ini bisa tertuangkan dan menjadi lagu," tuturnya.

Iwan yang benama asli Virgiawan Listanto itu juga menyempatkan diri mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menanam pohon di mana saja baik halaman rumah atau di tempat-tempat yang sudah mulai minim pohon.

"Dengan menanam satu pohon setiap satu orang bisa menyukseskan program pemerintah dengan menanam satu miliar pohon untuk pencegahan pemanasan global," ujarnya.

Menurut dia, dengan menanam pohon akan menjawab seluruh masalah tentang kelestarian lingkungan. Karena cara ini pencemaran udara akan bisa teratasi. Selain itu, setiap satu pohon besar dengan ukuran dahan 10-20 meter bisa menurunkan suhu udara sampai tiga derajat celcius.

"Untuk itu, mari kita bersama-sama sukseskan anti pemanasan global," ujarnya.(*)

(ANT-052/H-KWR/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010