Surabaya (ANTARA News) - Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonif Mekanis Konga XXIII-E/Unifil membantu penampungan air bagi masyarakat di El Adeisse, Lebanon Selatan.

Penerangan Satgas Yonif Mekanis Kontingen Garuda (Konga) XXIII-E/Unifil kepada ANTARA melalui surat elektronik, Senin, melaporkan El Adeisse masuk dalam daerah operasi Satgas "Indobatt" (Indonesia Battalion).

Bantuan yang tersalur berkat kerja sama antara Indobatt dan Spainbatt itu mendapatkan respons positif dari masyarakat El Adeisse untuk mewujudkan proyek tersebut.

Prajurit Indonesia menilai kebutuhan terhadap air sangat penting bagi kehidupan masyarakat El Adeisse, Lebanon Selatan, karena selama ini air sulit didapatkan.

Akhirnya, prajurit Indonesia meresmikan proyek itu di gedung pertemuan El Adeisse, Lebanon Selatan, Minggu (12/12) waktu setempat.

Peresmian proyek penampungan air itu dilakukan Wadansatgas Indobatt Letkol Marinir Harnoko mewakili Komandan Satgas Yonif Mekanis Konga XXIII-E/UNIFIL.

Kegiatan itu merupakan salah satu peran aktif dari Seksi CIMIC (Civil-Military Coordination) Satgas Indobatt yang dipimpin Mayor Arh Sukma Yudha.

Dalam sambutannya, Letkol Marinir Harnoko menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada UNIFIL dan masyarakat El Adeisse atas terwujudnya proyek tersebut.

Ia berharap melalui proyek tersebut dapat meningkatkan kerja sama dan koordinasi yang erat antara UNIFIL, khususnya Indobatt dengan masyarakat EL ADEISSE.

Sementara itu, wakil dari Unifil, Mayor Calabuig, mengatakan, penampungan air ini mampu menampung 300 ribu liter air, sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat El Adeisse.

Menanggapi bantuan itu, Wakil dari masyarakat El Adeisse, Ali Ramal, mengatakan air merupakan kebutuhan vital, sehingga dengan selesainya proyek itu akan sangat membantu bagi masyarakat El Adeisse untuk memenuhi kebutuhan air.

Oleh karena itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Unifil, khususnya Spainbatt dan Indobatt dalam mewujudkan proyek penampungan air itu.

Acara peresmian diawali dengan penandatanganan "MoU" dan diakhiri dengan pemotongan kue yang dilakukan oleh Wadan Satgas Yonif Mekanis Konga XXIII-E/Unifil Letkol Marinir Harnokko, Ali Ramal dan Mayor Calabuig.

Tampak hadir dalam acara tersebut antara lain utusan UNIFIL G-9 CIMIC, Papen Satgas Yonif Mekanis Konga XXIII-E/Unifil Kapten Psk Banu Kusworo, beberapa perwira staf Indobatt Konga XXIII-E/UNIFIL, dan tokoh masyarakat El Adeisse.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010