Boston, Massachusetts (ANTARA News) - Pemain veteran NBA Shaquille O`Neal memikul beban yang lebih berat bersama Celtics, Jumat, dan menghasilkan 23 angka dengan lima rebound dan lima blok dalam kemenangan 99-94 atas Charlotte.

O`Neal bermain selama 35 menit bagi Celtics, yang terlama musim ini, yang mengakhiri empat kemenangan beruntun Bobcats.

O`Neal menghasilkan 10 dari 12 leparan dari lapangan dan berhasil memasukkan ketiga lemparan bebasnya untuk membantu Boston mengejar ketinggalan akibat absennya Kevin Garnett yang cedera untuk pertandingan kesembilan berturut-turut dan terbatasnya kontribusi Paul Pierce karena masalah pelanggaran.

"Saya tahu bahwa apapun yang terjadi saya akan siap," kata O`Neal. "Saya sudah mengalami masalah pelanggaran dan belum sungguh-sungguh bermain dalam waktu lama sehingga tidak ada alasan bagi saya untuk lelah.

"Saya baru keluar dan mendapat lebih banyak sentuhan malam ini dan melakukan apa yang saya lakukan."

Kontrak Celtics terhadap O`Neal, tiga kali pemain terbaik putaran final NBA dan empat kali juara, pada Agustus dilakukan untuk membantu mengisi tempat center Kendrick Perkins yang cedera.

Namun pelatih Celtics Doc Rivers mengatakan, ia tidak bermaksud untuk menurunkan veteran yang sudah 18 tahun itu bermain di lapangan selama 35 menit dalam satu pertandingan.

"Shaq ingin main, tetapi ia tidak ingin bermain 35 menit," kata Rivers, namun menambahkan bahwa "tidak ada pilihan" pada Jumat.

Boston juga tidak diperkuat Jermaine O`Neal, yang sedang menjalani perawatan luka lutut kiri.

"Ini bukan masalah besar untuk satu malam," kata Rivers mengenai perpanjangan waktu bermain O`Neal. "Saya tidak khawatir mengenai ini. Dan kami tidak main lagi sampai Senin, sehingga itu bagus. Ini terjadi pada saat yang tepat."

Kendati mengalami kesulitan, Pierce masih mencetak 19 poin. Rajon Rondo menambahkan 18 poin dan 13 assist dan Ray Allen menghasilkan delapan dari 19 poin yang diperolehnya pada kuarter keempat.

Gerald Wallace memimpin Charlotte dengan 20 angka.

Charlotte masih bersaing hingga Celtics membuka permainan dengan mencetak angka bertubi-tubi pada pertengahan periode terakhir.

O`Neal menyarangkan lemparan tiga angka untuk membuka kuarter keempat tersebut, tetapi ketika Celtics memimpin hanya dengan selisih empat poin, pemain Charlotte Pierce terlibat pelanggaran kelimanya saat waktu tersisa 8:42.

Poin dari Wallace memangkas selisih angka menjadi dua, tetapi Boston merespon dengan melaju 10-2 yang diawali dengan lemparan O`Neal.

Allen kemudian mencetak lemparan tiga angka berturut-turut agar Boston kembali mengendalikan permainan.(*)
AFP/F005/A023

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011