Jumat, 31 Oktober 2014

Rute Lanjutan Tol Semarang-Solo Segera Ditender

| 3.496 Views
id tol semarang-solo, ungaran-bawen, tender
Rute Lanjutan Tol Semarang-Solo Segera Ditender
Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol (ANTARA/R. Rekotomo)
Semarang (ANTARA News) - Proyek jalan tol Semarang-Solo untuk rute Ungaran hingga Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, akan segera ditenderkan dalam waktu dekat.

Direktur Utama PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah Djuwarso di Semarang Minggu mengatakan, proses tender tersebut segera dilakukan menyusul proses pembebasan lahan untuk rute ini sudah mencapai lebih dari 60 persen dari luas kebutuhan tanah.

"Seluruh dokumen dan panitia tender telah dipersiapkan," kata pemimpin badan usaha milik daerah yang membidangi pembangunan Tol Semarang-Solo ini.

Menurut dia, proses pembangunan rute ini dapat segera dilakukan, tanpa harus menunggu penyelesaian rute sebelumnya.

Ia menjelaskan, pembangunan jalan tol dengan panjang ruten mencapai sembilan kilometer ini, diperkirakan membutuhkan pembiayaan hingga Rp1 triliun.

Meski tender belum dilaksanakan, lanjut dia, bagian dari roses pengerjaan rute Ungaran-Bawen sudah mulai dilakukan.

Ia mencontohkan, proses pengurukan lahan sejumlah titik dengan tanah urug yang berasal dari sisa pembangunan rute Kota Semarang-Ungaran.

Ia mengungkapkan, pembangunan rute Ungaran-Bawen ini diperkirakan dapat terselesaikan dalam setahun, mengingat jalur ini lebih pendek dibanding rute sebelumnya.

Ia mengatakan, keseluruhan proyek pembangunan jalan tol Semarang-Solo ini diperkirakan akan menghabiskan dana hingga Rp8 triliun.

"Berdasarkan perhitungan terakhir, pembangunan tol Semarang-Solo akan menghabiskan dana hingga Rp8 triliun. Suntikan dana cukup besar khususnya untuk rute Bawen, Kabupaten Semarang hingga Solo," katanya.

Rincian kebutuhan dana tersebut, kata dia, untuk rute Kota Semarang hingga Bawen Rp2,9 triliun dan rute Bawen-Solo sekitar Rp5,1 triliun.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga