Yogyakarta (ANTARA) - Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Ted Osius bertemu dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Yogyakarta, Jumat.

Ted mengatakan, pertemuannya dengan Sultan untuk mengenalkan dirinya sebagai Wakil Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia. Dirinya juga ingin mengenal lebih dekat sosok Sultan.

"Saya bertemu dengan Sultan untuk mengenalkan diri, saya juga ingin mengenal lebih dekat gubernur DIY yang juga Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut," katanya.

Ia mengatakan, pertemuan itu membicarakan sejarah dan keberadaan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, kondisi terakhir penanganan bencana erupsi gunung Merapi, dan pendidikan.

Sultan mengatakan, perwakilan 75 perguruan tinggi di AS akan berkunjung ke Yogyakarta pada April 2011.

"Saya mengusulkan jika nanti ada kerja sama agar tidak hanya dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), tetapi juga perguruan tinggi swasta di Yogyakarta," katanya.

Menurut dia, pada pertemuan itu Ted banyak bertanya tentang Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Jadi, dirinya lebih banyak berbicara mengenai keraton yang berada pada garis imajiner Merapi-Tugu-Keraton-Panggung Krapyak dan laut selatan.

"Selain itu, saya juga menjelaskan mengenai kedudukan Sultan. Terkait dengan kedudukannya, Sultan yang bertahta mewarisi tiga semangat dari pendahulunya, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, yakni Merah Putih, Pancasila, dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945," katanya. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011