Yogyakarta (ANTARA News) - Sebanyak 101 tim dari 51 perguruan tinggi di Indonesia akan bertanding dalam Kontes Robot Nasional 2011 di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 11-12 Juni 2011.

"Kontes Robot Nasional (KRN) merupakan kompetisi yang mempertemukan para pemenang kontes robot di tingkat regional," kata Ketua Panitia KRN 2011 Muhammad Arif Wibisono di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, kompetisi itu mempertandingkan tiga kategori, yakni Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

"KRI diikuti sebanyak 24 tim, KRCI 78 tim yang terdiri atas divisi robot beroda 24 tim, robot berkaki 20 tim, dan `battle` 17 tim, dan KRSI sebanyak 16 tim," katanya.

Ia mengatakan, tema KRI adalah Larungan yang mengadaptasi tema Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU) Robocon 2011, yakni Loy Kranthong.

Dalam kompetisi itu dua robot beradu cepat merangkai sebanyak mungkin kranthong (karangan bunga) kemudian melarungnya.

"Pemenang pada kategori itu berhak mewakili Indonesia dalam kontes robot internasional ABU Robocon 2011 di Bangkok, Thailand, 9 September 2011," katanya.

Tema KRCI baik divisi beroda maupun berkaki adalah Robot Cerdas Pemadam Api, KRCI "battle" bertema Robot Cerdas Pemain Bola, dan KRSI bertema Robot Tari Klono Topeng.

Pada KRCI divisi beroda dan berkaki robot beradu kecepatan memadamkan api, sedangkan pada divisi KRCI "battle", dua robot bertanding memasukkan bola sebanyak mungkin ke gawang lawan.

"Juara pertama KRCI `battle` akan menjadi wakil Indonesia dalam kompetisi RoboCup 2012 di Mexico," katanya.

Koordinator Kesekretariatan KRN 2011 Frandy Hutomo Ardi mengatakan, UGM dalam kontes tersebut mengirimkan lima tim yang akan bertanding dalam semua kategori.

"Robot UGM yang akan berlaga adalah Garuda pada KRI, War Fire (KRCI beroda), Yacaranda 04 (KRCI berkaki), Gama Shoot (KRCI battle), dan Gamaro (KRSI)," katanya.(*)
(L.B015*H010/S019)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011