Banjarmasin (ANTARA) -
Sebanyak tiga Divisi Tim Robotik Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan berhasil lolos untuk berlaga di tingkat nasional dalam pergelaran Kontes Robot Indonesia (KRI) pada 2023 selama 21-26 Juni mendatang di Universitas Negeri Semarang.
 
Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi di Banjarmasin, Senin, menyampaikan apresiasi atas karya dan prestasi yang ditorehkan para mahasiswa yang tergabung dalam tim robotik karena lolos ke ajang nasional tersebut.
 
Poliban sebenarnya menurunkan empat divisi pada seleksi KRI 2023 pada 30-31 Mei lalu di Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah yang digelar secara daring.
 
Sebanyak empat divisi robot yang diikuti Poliban untuk wilayah 1 dengan peserta 72 perguruan tinggi tersebut, yakni, Divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-B), dan Divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Baca juga: Tim Robotik MTsN 1 Pati raih medali perunggu di Asian Junior Robot Cup
 
Poliban berhasil meloloskan tiga divisi, yakni Divisi KRSRI dari Tim Kabibitax, Divisi KRAI dari Tim Kayubi, dan Divisi KRTMI dari Tim Justice.
 
"Moga tim robotik kita kembali meraih prestasi," ujarnya.
 
Ketua Umum Robotik Poliban 2023 Atra Wenanda menyampaikan kesuksesan Tim Robotik Poliban tidak lepas dari usaha keras dari setiap divisi agar menampilkan yang terbaik dan bisa sampai ke tahap nasional.
 
"Juga dukungan dari pembina serta para senior anggota robotik Poliban yang telah alumni," ujarnya.
 
Ia menyampaikan bahwa kebanggaan atas prestasi tim ini, karena bisa mengangkat nama kampus ke tingkat nasional.
 
Ia menjelaskan jika menilik lebih jauh perjuangan Tim Robotik Poliban, hal yang pasti setiap divisi memiliki tingkat kesulitan dan lama proses pengerjaan robot secara berbeda-beda.

Baca juga: Tim robotik tiga madrasah Sulsel raih emas WRP Malaysia
Baca juga: Wali Kota apresiasi pelajar MTSN 2 Kediri juara kompetisi robotik

 

Pewarta: Sukarli
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023