Banjarmasin (ANTARA) -
Sebanyak 460 mahasiswa dan mahasiswi Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan menerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah pada 2023.
 
Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi di Banjarmasin, Ahad, penyaluran bantuan beasiswa dari pemerintah pusat tersebut sudah dilaksanakan kepada mahasiswa dan mahasiswi penerima manfaat.
 
"Alhamdulillah, dengan kita bagikan buku tabungan penerima KIP kuliah semoga dapat membantu mahasiswa kita," ujarnya.
 
Menurut Joni, terwujudnya penyaluran beasiswa KIP Kuliah Merdeka sebagai implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) Pendidikan Tinggi yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI tahun 2023 ini.

Baca juga: Poliban undang akademisi jepang, dalami ilmu tanah rawa di Kalsel

Baca juga: Guru besar dari Jepang kuliah umum terkait AI di Poliban Kalsel
 
"Tentunya ini disambut sangat antusias oleh para mahasiswa dan mahasiswi kita," paparnya.
 
Joni pun mengingatkan agar beasiswa ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan kuliah.
 
“Saya berharap kepada para penerima dana KIP kuliah agar bisa hemat dalam penggunaan uang yang diterima agar tidak habis dalam waktu 1 semester," ujarnya.
 
Sementara itu, Kepala Sub Bagian Akademik Poliban Kalsel, Fredy Herdianto menjelaskan untuk tahun akademik 2023/2024 ini, penerima KIP kuliah di Poliban mencapai 460 orang.
 
"Penerima manfaat KIP kuliah ini terbagi dua skema, yaitu pendanaan penuh biaya pendidikan dan biaya hidup sebanyak 308 orang dan skema biaya pendidikan saja, kita dapat kuota 149 orang," papar Fredy
 
Dia berharap semua mahasiswa baru yang telah mendapat beasiswa ini bisa mempertahankan prestasi akademik dengan IPK minimal 3.0.
 
"Juga ikut aktif dalam kegiatan atau organisasi Poliban dan bisa berprestasi mewakili Poliban," demikian katanya.*

Baca juga: Akademisi Poliban dilatih jadi asesor rekognisi pembelajaran lampau

Baca juga: Pendidikan vokasi Kalselteng bersatu kembangkan inovasi majukan daerah

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023