kami optimis, tim yang ikut ajang bergengsi ini bisa berprestasi
Banjarmasin (ANTARA) -
Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan mengirim sebanyak lima tim untuk mengikuti ajang Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) V 2023 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Jawa Timur.
 
Menurut Direktur Poliban Joni Riadi di Banjarmasin, Selasa, tim kampusnya sudah diberangkatkan untuk mengikuti ajang KMIPN V dari 31 Juli hingga 2 Agustus 2023 tersebut.
 
"Kami optimis, mahasiswa dan mahasiswi kami yang ikut ajang bergengsi ini bisa berprestasi," ujarnya.
 
Sementara itu, salah satu pembimbing Tim Poliban pada ajang KMIPN V 2023, Rahimi Fitri menyampaikan, lima tim Poliban mengikuti tiga kategori lomba, yaitu, kategori keamanan siber, kategori animasi dan kategori E- Government.
 
"Adapun tim yang ikut berkompetisi berjumlah 15 orang dengan 2 pendamping dan 1 orang perwakilan sebagai juri," ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa Poliban ciptaan aplikasi "Tulakan" bagi pariwisata
Baca juga: Empat tim kreatif mahasiswa Poliban dapat pendanaan nasional 

 
Rahimi mengatakan, dari semua kategori yang diikuti, skema E- Government menjadi tantangan tersendiri karena pengembangannya harus terus berlanjut.
 
Karena itu, timnya membuat strategi dengan skema lomba E-Government menggandeng instansi di pemerintahan kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan.
 
Sebab, menurut dia, aplikasi yang diciptakan dan dikembangkan mahasiswa pada kategori lomba ini harus berkelanjutan atau bisa digunakan untuk masyarakat.
 
Dia pun menerangkan, skema E-Government, tim yang mengirim proposal harus punya ide yang bisa mendukung terlaksananya pemerintah berbasis elektronik.
 
"Nah tim dari Poliban fokus juga mendukung kebijakan daerah yang saat ini arahnya ke smart city (kota pintar) dan mendukung pariwisata lokal dan mendukung juga ke arah layanan publik," kata Rahimi.

Baca juga: Poliban selaraskan kurikulum magang MBKM dengan dunia industri 
Baca juga: Poliban kembali terima sembilan sertifikat hak paten
 
Aplikasi yang diciptakan tim Poliban adalah "Tulakan" dan "SiLantar" untuk menjawab tantangan dari Skema E-Government tersebut.
 
Menurut dia, aplikasi "Tulakan" merupakan aplikasi pariwisata untuk kota metropolitan Banjarbakula, yakni, meliputi Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Tanah Laut.
 
Sedangkan aplikasi "SiLantar" merupakan aplikasi sistem informasi laporan lingkungan sekitar, di mana ini sebuah platform digital yang dibuat untuk memfasilitasi pelaporan masalah lingkungan yang ada di wilayah Kota Banjarmasin.
 
Aplikasi ini dibuat bertujuan untuk membantu warga dalam memahami dan mengelola isu-isu lingkungan sekitar demi keseimbangan dan keberlanjutan lingkungan kota.
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023