Jakarta  (ANTARA News) - Kementerian Agama menggelar Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat nasional ke-5 2011 untuk siswa SD, SMP dan SMA/SMK untuk memperebutkan piala bergilir Wakil Presiden.

"Temanya membangun generasi Islami yang cerdas, toleran dan berakhlak mulia," kata Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Muhammad Ali kepada wartawan, di Jakarta, Kamis.

Pentas ini melibatkan 561 siswa terbaik yang telah terseleksi secara berjenjang melalui Pentas PAI tingkat kabupaten/kota dan provinsi seluruh Indonesia.

Lomba yang memang dikhususkan bagi siswa sekolah umum (bukan madrasah) itu digelar di Wisma Haji Bekasi Jawa Barat mulai 12 hingga 16 Juli 2011 yang pembukaannya dilakukan pada 13 Juli oleh Menteri Agama Suryadharma Ali dengan sambutan dijadwalkan oleh Wakil Mendinas Fasli Djalal.

Lomba yang digelar adalah lomba baca Qur`an dan saritilawah serta pidato Pendidikan Agama Islam untuk siswa SD, lomba cerdas cermat dan pidato Pendidikan Agama Islam untuk siswa SMP.

Juga lomba seni nasyid ditambah lomba khutbah Jumat dan debat Pendidikan Agama Islam untuk siswa SMA/SMK serta lomba penulisan novel pendek Cerita Remaja Islam (Ceris) bagi siswa smp dan sma/smk.

Pemenangnya akan menerima hadiah dan penghargaan berupa piala dan uang pembinaan dari Menteri Agama pada HUT Kemerdekaan RI ke-66 pada 17 Agustus 2011, ujarnya.

"Kami ingin memberi kesempatan kepada siswa mengekspresikan diri, menumbuhkan bakat, minat, dan kreativitas dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam," katanya.

Selain itu ajang ini diharapkan juga akan mempererat ukhuwah Islamiyah, membina persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa sesama pelajar Indonesia.

(D009)