Palembang (ANTARA News) - Provinsi Sumatera Selatan akan mengelar ajang Kejurnas Pra-Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-18 Riau tahun 2012, di Gedung Serbaguna Jakabaring, Palembang, 15-18 September 2011, kata pelatih daerah, Suhardin.

"Sumsel ditugaskan menjadi tuan rumah ajang Pra-PON karena menjadi penyelenggara cabang olahraga gulat pada SEA Games ke-26 November nanti," ujar dia, di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, Pengurus Besar Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) menginginkan ajang Pra-PON nanti menjadi kesempatan uji coba para panitia daerah SEA Games di Palembang itu.

"Seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan pada SEA Games memang diwajibkan menggelar tes event untuk mengukur kelayakan venues, fasilitas, dan SDM," ujar dia.

Suhardin menyatakan, sementara ini telah ada 25 Pengurus Provinsi PGSI yang menyatakan kesediaan ambil bagian pada ajang itu.

"Sementara ini baru 25 Pengprov, namun dalam waktu dekat akan bertambah lagi, mengingat ajang Pra-PON adalah ajang resmi untuk mendapatkan tiket berlaga pada PON ke-18 di Riau tahun 2012 nanti," kata dia pula.

Dia menambahkan, Kejurnas Pra-PON itu mempertandingkan nomor grego dan romawi untuk kelompok putra dan putri.

"Untuk jumlah medali serta kelas apa saja yang dipertandingkan masih dalam pembahasan PB PGSI, tapi yang jelas selaku tuan rumah Sumsel akan turun `full team`," kata dia.

Berkaitan dengan persiapan infrastruktur, dia menerangkan bahwa Gedung Serba Guna Jakabaring telah siap digunakan.

"Renovasi sudah dilakukan beberapa bulan lalu, dan tinggal menambah fasilitas pendukung, seperti lampu-lampu, pembuatan tribun penonton dan fasilitas lainnya," ujar dia.

Pada ajang PON Riau itu, Sumsel juga menargetkan masuk peringkat terbaik di Sumatera, dan pada PON berikutnya bisa menjadi daerah yang terbaik secara nasional.

Kota Palembang akan menjadi tuan rumah pembukaan dan penutupan SEA Games ke-26, 11-22 November 2011, dengan pertandingan cabang olahraga dibagi pelaksanaannya di Palembang dan Jakarta.
(ANT-037)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011