Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah kuliner yang berasal dari lima negara anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) diminati oleh pasar Ceko saat bazar the "Farmers` Market" di Dejvice Square, Praha, pada Sabtu (10/9).

Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand serta Vietnam menyajikan makanan dan hasil tani masing-masing negara guna mempromosikan keberadaaan ASEAN di Ceko melalui ragam produk kuliner yang khas, demikian menurut siaran media dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Praha yang diterima di Jakarta, Senin.

Selain mengenalkan produk khas ASEAN, kelima negara itu juga menunjukkan kepedulian sosial bagi warga Ceko dengan menyumbangkan sebagian hasil penjualan kepada yayasan sosial para penyandang cacat.

"Walikota Praha 6, Marie Kosalikova menyatakan penghargaannya dan menyambut baik partisipasi ASEAN di Ceko karena telah menjadi warga kota yang memiliki solidaritas dan partisipasi bagi kotanya," demikian kutipan dari rilis KBRI Praha.

Disebutkan, kios Indonesia yang dihias dengan dekorasi khas kebudayaan nasional dan "banner" pariwisata meramaikan acara tersebut dengan menyediakan kuliner asli tanah air seperti nasi kuning, mie goreng, siomay, pastel, sate ayam, dan onde-onde.

Bahkan sebelum acara selesai, makanan tersebut habis dibeli para pengunjung yang mencapai lebih dari 10 ribu orang.

Saat Walikota Kosalikova mengunjungi kios Indonesia, Dubes RI di Praha Emeria Siregar memberikan bingkisan berisi makanan kemasan asal Indonesia.
(ANT/SDP12)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011