Santiago (ANTARA News) - Pemerintah Chile, Selasa (13/12), melancarkan upaya untuk membuat pekerja agar menghindari dasi pada musim panas mendatang sebagai bagian dari upaya untuk mencegah biaya energi dan penggunaan penyejuk udara.

"Ini adalah langkah kecil yang kami ingin tingkatkan sebab itu akan membantu penghematan energi ... dengan mengurangi penggunaan penyejuk udara dan mengarah kepada penghematan energi secara keseluruhan," kata Menteri Energi, Rodrigo Alvarez.

Kampanye itu meliputi iklan televisi dengan menampilkan para menteri yang membuka dasi mereka dan mendorong pegawai pemerintah serta sektor swasta agar melakukan tindakan yang sama di bawah udara panas, dengan harapan itu akan memungkinkan kantor membatasi penggunaan penyejuk udara tanpa terlalu banyak ketidaknyamanan.

Para pejabat mengatakan upaya tersebut dapat menghemat biaya energi sampai 10 juta dolar AS.

Chile menghadapi masalah energi tahun ini akibat kemarau yang telah membatasi kapasitas pembangkit listrik tenaga airnya, sementara seluruh penggunaan listrik bertambah sebesar tujuh persen.

Negara Amerika Selatan itu mengimpor semua bahan bakar fosilnya dan sedang berusaha menemukan cara menanggulangi pertumbuhan kebutuhan energi listrik yang diproyeksikan sebanyak 80 persen dalam 20 tahun mendatang.
(C003/A011)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011