Solo (ANTARA News) - Tim bulu tangkis Indonesia menambah empat medali emas hingga akhir partai final nomor perseorangan penyelenggaraan ASEAN Paragames VI/2011 di Sritex Arena Solo, Jawa Tengah, Senin.

Empat medali emas yang berhasil dipersembahkan oleh para atlet Indonesia yakni Hary Susanto di tunggal putra "standing lower 3" dan Ukun Rukaendi di tunggal putra "standing lower 1".

Selanjutnya, ganda putra di kelas "standing lower 3" dari pasangan Hary Susanto/Trihono, serta pasangan ganda campuran Fredy Setiawan/Nur Juani di kelas "standing lower".

Hary Susanto yang menantang pemain Malaysia Omar Bakri di nomor tunggal putra, berhasil menundukkan unggulan negeri Jiran tersebut dengan skor 20-22, 21-12, dan 21-14.

Pemain tunggal putra lainnya, Ukun Rukaendi berhasil mengalahkan atlet Vietnam Hoang Pham Thang dengan skor 21-9 dan 21-11.

Sementara di nomor ganda putra, pasangan Indonesia Hary Susanto/Trihono dengan mudah menundukkan pasangan Malaysia Saaba Hairol Fozi/Michael Sidney yang sempat dihadapi di nomor beregu lalu dengan skor 21-13 dan 21-8.

Hasil mengejutkan datang dari pasangan ganda campuran Indonesia Fredy Setiawan/Nur Juani yang merupakan pemain baru di pelatnas parasport bulu tangkis.

Pasangan Thailand Winai Vatjanapron/Nipada Saensupa harus mengakui keunggulan keduanya di nomor ganda campuran dengan tiga set pertandingan dengan skor 16-21, 21-19, dan 21-15.

Sementara dua medali emas lainnya yang ditargetkan Indonesia dapat diperoleh di nomor perseorangan tersebut, harus rela dilepaskan karena tunggal putra Indonesia di kelas "standing lower 2", Dwiyoko menyerah atas pemain Vietnam Pham Duc Trung dengan skor 21-8, 12-21, dan 18-21.

Di nomor tunggal putra "standing upper 5", Imam Kunantoro yang menantang andalan Malaysia Cheah Like Hou harus besar hati mendapatkan medali perak setelah menyerah 20-22 dan 18-21.

Manajer Bulu Tangkis Indonesia, M Nurahman, mengatakan hasil yang diperoleh Indonesia hingga akhir penyelenggaraan ASEAN Paragames VI ini memang belum sesuai dengan target utama perolehan sembilan medali emas.

"Kita telah mengantongi tujuh emas dan saya sudah sangat mengapresiasi usaha dan kerja keras masing-masing atlet," kata dia.

Hingga akhir perolehan medali di cabang bulu tangkis, Indonesia telah mengantongi tujuh medali emas, empat medali perak, dan tujuh medali perunggu.

(ANT-202/M028)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011