Jumat, 23 Juni 2017

Menkominfo: 84 desa informasi diresmikan selama 2011

| 1.191 Views
Menkominfo: 84 desa informasi diresmikan selama 2011
Desa Informasi Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring (kanan), didampingi Bupati Keerom, Yusuf Wally (kiri), memukul Tifa, saat peresmian Desa Informasi di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Rabu(21/12). (FOTO ANTARA/Ujang Zaelani)
Halmahera Selatan (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengungkapkan, sebanyak 84 desa informasi diresmikan selama 2011.

"Sebanyak 84 desa sudah diresmikan pada 2011, dan tahun depan akan ditambah sekitar 100 desa lagi," kata Tifatul usai meresmikan tujuh Desa Informasi yang dipusatkan di Desa Labuha Kecamatan Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Jumat.

Menurut Tifatul, Desa Informasi akan terus diperbanyak untuk mewujudkan Indonesia conected (Indonesia Tersambung), yakni membangun kabel optik (serat optik) dari Manado ke Ternate, selanjutnya Ternate ke Papua. "Itu semua target 2012," tegas Menkominfo.

Tifatul menjelaskan bahwa serat optik ini dibangun oleh swasta. "Mereka (swasta) yang membangun, mereka yang menjual ke pengguna, mereka yang pasang tarif, Kominfo hanya membuat rencana," katanya.

Dia menjelaskan bahwa pembangunan serat optik merupakan jaringan jalan tol jalur telekomunikasi ke seluruh wilayah Indonesia (Palapa Ring).

"Setelah itu, kota yang dilewati jalur serat optik ini akan ditarik kabel lagi yang disebut cyber city," katanya.

Tifatul mengungkapkan bahwa setelah Palapa Ring jadi, cyber city ini akan dikembangkan kembali ke last mile.

"Kami kembangkan walaupun Denpasar, Jakarta, Bandung, dan Surabaya sudah jadi cyber city. Dan itu yang akan terus dikembangkan sampai ke last mile, yaitu sekelas kabel fiber optik sampai di depan kamar kita, tinggal colok," jelasnya.

Terkait peresmian tujuh desa Informasi di Halmehara Selatan, Menteri Kominfo juga mengungkapkan bahwa tujuan dari Desa Informasi adalah untuk membuka wawasan dan pemahaman sekaligus menyosialisasikan pembangunan infrastruktur komunikasi dan informatika kepada pemerintah daerah, camat, kelompok informasi masyarakat (KIM), tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, pelajar dan masyarakat lainnya.

Dia berharap desa informasi ini menimbulkan akses keterbukaan informasi sehingga dapat meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat.

Tujuh Desa Informasi yang diresmikan oleh Menteri Kominfo ini adalah Kecamatan Pulau Bacan, Halmahera Selatan-Maluku Utara; Kecamatan Morotai Timur, Kabupaten Morotai Jaya-Maluku Utara; Kecamatan Morotai Utara, Kabupaten Morotai Jaya-Maluku Utara; Kapupaten Kepalauan Aru-Maluku; Kecamatan Aru Selatan-Maluku; Kecamatan Selaru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat-Maluku; Kecamatan Tanibar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat-Maluku.

(T.J008/N002)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar Pembaca