Jakarta (ANTARA News) - Anda menghabiskan waktu lama untuk duduk  saat bekerja? pekerjaan anda juga membuat stres? anda juga punya kebiasaan makan camilan sambil bekerja? Semuanya merupakan  aktivitas kurang sehat.

Begitu banyaknya waktu yang dihabiskan di kantor menjadikan penting untuk melakukan banyak aktivitas yang menyehatkan selama bekerja di kantor.

Mungkin sulit untuk mengawali jika kita biasa dengan aktivitas yang tidak sehat. Tetapi, jika anda dapat mengisi waktu bekerja dengan aktivitas yang sehat, maka tubuh pun akan  sehat dan bugar setiap hari.

Menurut laman Fit Sugar, berikut adalah empat hal yang membuat bekerja menjadi aktivitas yang menyehatkan :

1. Berolahraga
Berolahraga merupakan sebuah cara untuk membuat tubuh lebih tenang dan tidak stres. carilah lokasi pusat kebugaran yang dekat dengan kantor anda.  Carilah waktu yang tepat untuk berolahraga pada waktu senggang jam kantor anda, seperti pada pagi hari, sore, atau malam.

2. Hindari stress
Stress bisa datang dari manapun seperti tekanan dari atasan atau kesibukan pada saat meeting. Selain  mempengaruhi produktifitas anda, stress juga dapat menyebabkan kelelahan fisik. Cobalah untuk tenang dan perangi stres yang muncul.

3. Menjauhlah dari meja Anda
Salah satu hasil penelitian yang cukup mengejutkan tahun ini mengungkap bahwa secara konstan berada pada meja  tidak hanya akan menyebabkan stres tetapi juga bisa menyebabkan kematian, Cobalah untuk menjauh dari meja kerja Anda,  sekedar untuk melakukan olahraga ringan atau berjalan jalan di sekeliling kantor. Dengan berolahraga, Anda dapat memulihkan ketegangan di bagian leher dan otot bahu.

4. Menjaga dengan camilan sehat
Simpanlah energi agar tetap bugar selama berjam-jam kerja. Artinya, perhatian anda jangan sampai  beralih ke camilan yang tidak sehat yang ada di kantor. Simpanlah camilan sehat yang banyak mengandung protein dan karbohidrat. Kacang-kacangan,Buah-buahan, dan Yoghurt bisa menjadi pilihan yang tepat.
(yud)


Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012