Kategori bugar apabila dalam enam menit bisa menempuh di atas 800 meter
Jakarta (ANTARA) - Dokter yang bertugas di Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr. Bonnie Medana Pahlavie, MKK mengatakan jalan kaki selama enam menit bisa digunakan untuk mengukur tingkat kebugaran seseorang yakni dengan melihat jarak tempuh yang mampu diraih.

"Kategori bugar apabila dalam enam menit bisa menempuh di atas 800 meter," kata dia yang menjabat sebagai Fungsional Pembimbing Kesehatan Kerja Muda di Dinkes DKI itu dalam seminar daring, Selasa.

Namun, menurut Bonnie, nantinya hasil jarak yang didapatkan akan dikonversikan dengan usia dan jenis kelamin. Seseorang perlu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan atau dokter untuk mengetahui tingkat kebugaran merujuk dari tes jalan ini.

"Untuk jalan enam menit berarti yang dinilai jarak tempuhnya. Semakin jauh jarak tempuhnya semakin bagus (bugar) hasilnya. Silahkan datang ke puskesmas (untuk pengukuran kebugaran)," ujar dia.

Bonnie mengatakan selain jalan selama enam menit, cara mengukur kebugaran tubuh seseorang juga bisa melalui metode rockport atau berlari konstan sejauh 1,6 km untuk mengetahui waktu tempuh yang bisa didapatkan.

Kemudian, waktu tempuh yang didapatkan ini nantinya dikonversikan berdasarkan jenis kelamin dan usia. Dokter setelah melihat tingkat kebugaran ini akan menentukan menu latihan yang tepat.

Bonnie menuturkan bugar merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan pekerjaan sehari-hari dalam jangka waktu relatif lama tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Dia mencontohkan, seseorang bisa dikatakan bugar apabila usai bekerja dia masih bisa melakukan kegiatan lain seperti berjalan-jalan, sekadar menonton di bioskop atau bermain dengan anak di rumah, tanpa merasa kelelahan.

Lebih lanjut, ada dua komponen yang berperan untuk membentuk kebugaran yakni berhubungan dengan kesehatan jasmani seperti daya tahan jantung dan paru, kekuatan dan daya tahan otot, fleksibilitas serta komposisi tubuh. Sementara komponen lainnya yakni keterampilan seperti ketangkasan dan keseimbangan.

"Dengan kondisi tubuh bugar, maka seseorang bisa dikatakan sehat," kata dia.
Baca juga: Begini rumus "G1R1J 3x10" untuk cegah DBD menurut praktisi kesehatan
Baca juga: Dokter sebut pengobatan glaukoma dapat ditanggung BPJS Kesehatan
Baca juga: Dinkes DKI imbau warga jaga pola makan saat jalankan ibadah puasa

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024