Selasa, 21 Oktober 2014

Wamendag ke Balikpapan terkait perlindungan konsumen

| 3.436 Views
id wakil menteri perdangan, bayu krisnamurthi, kunjungan balikpapan, standarisasi, perlindungan konsumen
Wamendag ke Balikpapan terkait perlindungan konsumen
Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi memberikan tanda tera pada alat timbang milik pedagang di Pasar Pandansari, Balikpapan, Kaltim, Rabu (20/06/12). (Humas Kemendag)
Balikpapan (ANTARA News) - Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, Rabu, berada di Balikpapan, Kalimantan Timur, dalam rangkaian kunjungan kerja terkait standardisasi dan perlindungan konsumen.

Wamendag, didampingi Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Nus Nuzulia Ishak beserta jajaran BPOM dan aparat daerah meninjau peralatan jual beli di pasar Pandansari Balikpapan.

Pada kesempatan itu Wamendag Bayu Krisnamurthi secara simbolis memberikan tanda tera pada alat timbang di pasar tersebut.

Sehari sebelumnya, Wamendag sempat memberikan edukasi bagi komunitas Konsumen Cerdas di Balikpapan. Mereka adalah para mahasiswa, ibu-ibu Dharma Wanita dan komunitas lainnya yang berjumlah sekitar 200-an orang.

Dalam kegiatan edukasi konsumen tersebut, Wamendag mengatakan,"Pencerdasan dan pemberdayaan konsumen menjadi semakin penting karena jumlah penduduk kita yang sangat besar sehingga hal ini menjadi daya tarik yang kuat bagi masuknya produk luar negeri ke pasar domestik."

Dengan edukasi ini diharapkan konsumen akan semakin cerdas dalam memilih barang dan terhindar dari produk-produk yang tidak memenuhi standar keamanan, kesehatan, dan lingkungan hidup.

Usai mengunjungi pasar Pandansari Balikpapan dan berdialog dengan para pedagang, saat berita ini ditulis, Wamendag tengah melanjutkan perjalanannya menuju tempat-tempat penjualan barang guna memeriksa kepatuhan pedagang terhadap peraturan SNI, pencantuman label bahasa Indonesia, pencantuman manual dan kartu garansi, pencantuman kadaluarsa dan lain-lain.

(*)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga