109.000 pengungsi yang secara resmi terdaftar
Beirut (ANTARA News) - Ada lebih dari 150.000 pengungsi Suriah yang telah menyelamatkan diri dari konflik berdarah di negara mereka ke Lebanon, demikian jumlah yang disiarkan PBB, Sabtu (8/12).

"Ada sebanyak 109.000 pengungsi yang secara resmi terdaftar di lembaga tersebut dan 41.000 pengungsi lagi saat ini menghubunginya untuk minta didaftarkan," demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Komsaris Tinggi PBB Urusan Pengungsi (UNHCR).

Menurut pernyataan tersebut, sangat banyak pengungsi Suriah berada di Lebanon utara, tempat jumlah mereka mencapai 55.872 orang, sementara 44.178 orang lagi di Lembah Bekaa dan 9.031 di Ibu Kota Lebanon, Beirut, serta di bagian selatan negeri itu.

Sementara itu lembaga tersebut menyatakan sedang membahas cara menjaga warganegara Suriah itu, yang sekarang berada di Kota Tripoli, Lebanon utara, demikian laporan Xinhua--yang dipantau ANTARA di Jakarta, Ahad. Sementara itu bentrokan berkecamuk antara antara penentang dan pendukung pemerintah Presiden Bashar al-Assad.

Perdana Menteri Lebanon Najib Miqati pekan lalu mengatakan, seelah pertemuan dengan negara donor, pemerintah telah menyusun rencana kerja yang jelas yang mengurus bermacam keperluan pengungsi Suriah.

Rencana tersebut dipuji oleh pernyataan PBB itu.

Miqati mengatakan secara keseluruhan, hampir 180 juta dolar AS telah disediakan buat pengungsi Suriah di Lebanon oleh bermacam kementerian terkait.

(C003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012